alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Libur Akhir Tahun, Penumpang KA di Daops VI Diprediksi Naik 5%

Ary Wahyu Wibowo
Libur Akhir Tahun, Penumpang KA di Daops VI Diprediksi Naik 5%
Kenaikan jumlah penumpang KA saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 di lingkungan PT KAI Daops VI Yogyakarta diprediksi naik 5%. FOTO/DOK.SINDOnews

SOLO - Kenaikan jumlah penumpang Kereta Api (KA) saat libur Natal dan Tahun Baru 2020 di lingkungan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta diprediksi naik 5%. Jumlah penumpang selama 19 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020 diperkirakan mencapai 729.101 penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatakan, terdapat lima KA tambahan untuk melayani kenaikan jumlah penumpang saat libut Natal dan Tahun Baru. Kelima KA di antaranya Sancaka, Argo Lawu, Arga Dwipangga, dan Lodaya. Kenaikan jumlah penumpang diprediksi cukup besar mengingat posisi Daops VI berada di tengah tengah.

"Selain itu Yogyakarta merupakan kota dengan jumlah kunjungan wisatawan terbesar kedua setelah Bali," kata Eko Budiyanto, Jumat (27/12/2019).



Pada 2018, lanjutnya, jumlah penumpang saat libur akhir tahun mencapai 696.419 orang. Sedangkan di 2019 diperkirakan naik 5% atau sebesar 729.101 penumpang. KA tambahan yang disediakan merupakan jurusan Jakarta, Bandung dan Surabaya.

Puncak arus penumpang saat libur akhir tahun diperkirakan terjadi pada 31 Desember 2019. Saat itu, banyak anak sekolah yang masih liburan. Selain itu, pegawai juga menghabiskan cuti, acara natalan usai dan tinggal liburan, serta mendekati pergantian tahun.

Jumlah penumpang harian kondisinya fluktuatif atau naik turun. Sebab liburan tahun ini cukup panjang sehingga tidak terjadi penumpukan penumpang dalam jumlah besar. Berbeda dengan tahun lalu yang masa liburannya berhimpitan. Sehingga, kondisinya membeludak dan terfokus pada hari-hari tertentu.



(amm)