alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gasak Mobil dan Uang Tunai, Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ditembak

Heri Susanto
Gasak Mobil dan Uang Tunai, Pencuri Spesialis Rumah Kosong Ditembak
Kawanan pencuri spesialis rumah kosong lintas provinsi berhasil dibekuk polisi Cilacap. FOTO/iNews/HERI SUSANTO

CILACAP - Kawanan pencuri spesialis rumah kosong lintas provinsi berhasil dibekuk polisi Cilacap. Petugas terpaksa menembak para tersangka karena mencoba melawan saat akan ditangkap.

Kelima pelaku masing-masing berinisial Dd, Hr, Yn, As, dan Ab. Kawanan menyatroni dua rumah di Majenang dan Karangpucung, Cilacap. Selain menguras isi rumah, kelimanya membawa kabur dua mobil dan uang tunai.

Kasat Reskrim Polres Cilacap, AKP Onkoseno Grandiarso Sukahar mengatakan, kawanan pencuri merupakan spesialis rumah kosong dan kerap beraksi lintas provinsi. Terakhir, lima tersangka menggasak rumah kosong di wilayah Cilacap Barat.



Modus yang digunakan kawanan pencuri ini adalah berkeliling mencari rumah sasaran dengan menggunakan mobil. Setelah mendapatkan sasaran, komplotan ini kemudian berpura-pura bertamu. "Namun saat mengetahui rumah dalam keadaan kosong, kawanan ini langsung merangsek masuk ke dalam rumah dengan mencongkel pintu," katanya dalam gelar perkara di Mapolres Cilacap, Jumat (27/12/2019).

Dari dua rumah di wilayah Majenang dan Karangpucung, Kabupaten Cilacap, kawanan ini berhasil menggasak dua mobil, yakni Inova dan bak terbuka yang terparkir di garasi, uang tunai serta barang-barang elektronik.

Polisi yang mendapatkan laporan pencurian langsung bergerak memburu pelaku dan akhirnya berhasil menangkap mereka. Lantaran mencoba melawan, para pelaku terpaksa ditembak. Dari tangan kelimanya polisi menyita linggis dan obeng yang digunakan untuk mencongkel pintu rumah sasaran.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya, para pelaku kini mendekam di tahanan Mapolres Cilacap. Para pelaku dijerat dengan Pasal 363 tentang Pencurian dengan Pemberatan, ancaman hukumannnya di atas 5 tahun penjara.



(amm)