alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Solo

Ary Wahyu Wibowo
Begini Penampakan Gerhana Matahari Cincin dari Solo
Gerhana matahari cincin yang terlihat melalui Observatorium Pondok Pesantren Assalam di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Kamis (26/12/2019) siang. Foto/SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Pengamatan gerhana matahari cincin digelar di observatorium Pondok Pesantren Assalam di Pabelan, Kartasura, sukoharjo, Kamis (26/12/2019) siang. Gerhana mulai terlihat pukul 10.57 WIB.

Kepala Pusat Astronomi Pondok Pesantren Assalaam Sukoharjo, AR Sugeng Riadi mengatakan, gerhana matahari cincin jika dilihat dari Solo dan seluruh wilayah Indonesia selatan dan Jawa merupakan gerhana matahari sebagian. Pada observatorium Assalam, pengamatan mulai dilakukan pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Pengamatan terbuka untuk umum.

"Kontak awal matahari dan bulan bersentuhan, permukaan matahari tertutup oleh bulan dimulai pada pukul pukul 10.57 WIB dan pukul 11.00 WIB mulai dapat dilihat dengan kacamata matahari," kata AR sugeng Riyadi di sela pengamatan, Kamis (26/12/2019).



Kondisinya semakin tebal atau permukaan matahari semakin menyempit. Puncak gerhana terjadi 12.50 WIB dan berakhir pukul 14.30 WIB. Kondisi cuaca di Solo dan sekitarnya tidak 100% cerah tapi justru membantu mengamati gerhana matahari. Sebab tanpa bantuan filter matahari tentunya sangat berbahaya.

Pada sisi lain, dalam pengamatan tidak terlalu panas atau gerah karena terik matahari. "Sehingga suasana tidak terlalu cerah tetapi juga tidak terlalu mendung tebal," katanya.

Observatorium Assalam menggunakan satu teleskop digital dan manual ada 3 teleskop manual. Selain itu juga disediakan 70 kacamata matahari bagi pengunjung yang ingin menyaksikan proses terjadinya gerhana. Proses pemotretan melalui teleskop juga mudah karena matahari posisinya tepat. Bahkan pemotretan dengan kacamata matahari yang ditempelkan dengan handphone juga bisa dilakukan. Jika menggunakan kacamata matahari hasilnya kecil, tapi jika dengan teleskop hasilnya lebih besar.



(amm)