Masjid Al Ikhlas Wonosari Dipadati Umat Islam Gelar Salat Gerhana

Kamis, 26 Desember 2019 - 13:06 WIB
Masjid Al Ikhlas Wonosari Dipadati Umat Islam Gelar Salat Gerhana
Masjid Besar Al Ikhlas Wonosari . FOTO: SINDOnews/Suharjono
A A A
GUNUNGKIDUL - Sebagian umat Islam di Gunungkidul melaksanakan salat gerhana atau dikenal dengan salat Kusuf. Di masjid Besar Al Ikhlas Wonosari ratusan warga berduyun - duyun untuk mengikuti salat sunnah tersebut.

Takmir Masjid Al Ikhlas Wonosari Asrofi mengatakan pihaknya merencanakan menggelar salat Kusuf usah salat Dhuhur. Kendsti ddmikiak. Sejak pukul 09.30 warga mulai memadati arena masjid. "Rencana awal memang pukul 10.30 WIB. Namun kami undur setelah jamaah shalat Dhuhur," terangnya kepada Sindonews, Kamis (26/12/2019).

Diakuinya shalat kusuf merupakan salah satu salat sunah yang jarang dilakukan. Ini berkaiatan dengan peristiwa alam yaitu gerhana matahari.

"Kami mendapat surat edaran dari kantor Kementrian Agama Gunungkidul, dan sudah ada informasi jam mulai terjadi gerhana sebagian puncak gerhana hingga berakhirnya gerhana. Jadi waktunya sesuai dengan kejadian tersebut, bisa di awal, di tengah dan juga menjelang berakhirnya gerhana,"kata mantan Ketua PD Muhammadiyah Gunungkidul ini.

Dalam informasi dari Kemenag DIY disebutkan untuk awal gerhana matahari di Yogyakarta pada pukul 10.22 WIB. Sedangkan BMKG merilis awal gerhana pada pukul 10.56 WIB. Sedangkan puncak gerhana pada pukul 12.47 WIB dan berakhir pada pukul 14.29 WIB.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7761 seconds (0.1#10.140)