Awas Jangan Melihat Gerhana Matahari Cincin dengan Mata Telanjang

Kamis, 26 Desember 2019 - 11:01 WIB
Awas Jangan Melihat Gerhana Matahari Cincin dengan Mata Telanjang
Sejak pagi masyarakat sudah antre untuk mendapatkan kacamata khusus agar aman saat melihat fenomena gerhana matahari cincin di TIM Cikini, Jakarta Pusat, Kamis
A A A
JAKARTA - Taman Ismail Marzuki, Cikini Jakarta Pusat sudah dibanjiri masyarakat yang ingin melihat langsung fenomena gerhana matahari cincin, sejak Kamis (26/12/2019) pagi. TIM menyediakan kacamata khusus, untuk melindungi mata dari radiasi yang ditimbulkan

"Kami mengadakan pengamatan gerhana matahari cincin sudah dari pagi. Masyarakat juga sudah datang sudah antre untuk pembagian kacamata," kata Kepala Humas Planetarium Eko Wahyu Wibowo saat dihubungi SINDOnews, Kamis (26/12/2019).

Eko mengatakan, untuk melihat secara langsung gerhana matahari cincin dengan mata telanjang sangat tidak diperbolehkan, mengingat hal itu berbahaya bagi kesehatan mata.

"Kami tidak sarankan masyarakat melihat gerhana matahari cincin langsung dengan mata telanjang, karena bisa merusak retina mata," katanya.

Seperti diketahui, siang ini di Indonesia akan terjadi fenomena alam gerhana matahari cincin (GMC). Di Indonesia, GMC akan melintasi 25 kabupaten/kota di 7 Provinsi. Di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara, GMC akan melintasi Sinabang, Singkil, Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan.

Di Riau dan Kepulauan Riau, akan melintasi Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak, Sri Indapura, Selat Panjang, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan.

Sementara di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara, GMC akan melintas di Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau, Tanjung Redeb, dan Tanjung Selor.

Meskipun peristiwa GMC di suatu lokasi dapat diprediksi dengan baik, peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi yang sama dalam siklus tertentu. BMKG memprediksi GMC yang selanjutnya akan terjadi pada 21 Mei 2031 dan 14 Oktober 2042.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2670 seconds (0.1#10.140)