Jet Tempur Iran Jatuh di Gunung Berapi, Nasib Pilot Belum Diketahui

Kamis, 26 Desember 2019 - 10:00 WIB
Jet Tempur Iran Jatuh di Gunung Berapi, Nasib Pilot Belum Diketahui
Pesawat-pesawat jet tempur MiG-29 Iran. Foto/REUTERS/Morteza Nikoubazl
A A A
TEHERAN - Jet tempur MiG-29 milik Angkatan Udata Iran jatuh di gunung berapi Sabalan di provinsi Ardebil barat laut pada hari Rabu. Nasib dua pilotnya masih misterius dan upaya untuk menemukan mereka terhambat oleh badai salju yang parah.

Gunung berapi Sabalan sudah dinyatakan tidak aktif. Jet tempur itu awalnya dilaporkan hilang kontak selama misi patroli rutin.

Mengutip laporan Tasnim News, Kamis (26/12/2019), pesawat jet tempur MiG-29 lepas landas dari Pangkalan Udara Tabriz. Beberapa warga setempat mengatakan kepada wartawan bahwa mereka mendengar ledakan keras di dekat gunung Sabalan ketika kecelakaan itu terjadi.

Militer Iran menyatakan bahwa MiG-29 yang jatuh itu diterbangkan oleh seorang pilot berpengalaman, yang nasibnya bersama rekan pilot lainnya tidak diketahui.

Gunung berapi Sabalan merupakan gunung tertinggi ketiga di Iran yang memiliki danau kawah di puncaknya.

Laporan sebelumnya dari media setempat mengatakan pesawat itu memiliki dua pilot yang keduanya tewas. Investigasi sedang dilakukan untuk mengetahui penyebab kecelakaan itu.

Angkatan Udara Iran memiliki bermacam-macam pesawat militer buatan Amerika Serikat (AS) yang dibeli sebelum Revolusi Islam 1979. Militer negara para Mullah itu juga memiliki pesawat MiG dan Sukhoi buatan Rusia. Rentetan sanksi Barat selama puluhan tahun telah mempersulit pemeliharaan armada pesawat tempur Iran yang menua.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2091 seconds (0.1#10.140)