alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Waktu yang Tepat Saksikan Gerhana Matahari

Intan Rakhmayanti
Ini Waktu yang Tepat Saksikan Gerhana Matahari
ilustrasi Gerhana Matahari. Foto/ Ist

JAKARTA - Gerhana Matahari Cincin ( GMC) akan menyambangi Indonesia, Kamis 26/12/2019 hari ini. Fenomena langit ini bisa disaksikan di sejumlah wilayah di bagian barat Indonesia.

Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dalam keterangan yang SINDOnews terima Rabu(25/12/2019) menjelaskan, GMC di Wilayah Indonesia bagian Barat (WIB) akan berlangsung dari pukul 10.22 WIB.

Diawali dengan gerhana matahari sebagian, lalu dilanjutkan dengan awal gerhana matahari cincin pada 12.16 WIB. Lalu pertengahan GMC akan terjadi pada pukul 12.17. Dilanjutkan dengan akhir gerhana matahari cincin pukul 12.19 dan 14.14 WIB untuk akhir gerhana matahari sebagian.



Sedangkan di wilayah Jakarta sendiri gerhana matahari cincin bisa disaksikan mulai pukul 10.42 WIB hingga 14.23 WIB.

"Adapun di daerah – daerah lainnya di seluruh Indonesia, Gerhana Matahari terjadi sesuai waktu setempat dengan fase – fase bergantung pada koordinat lintang dan bujur setiap tempat," tulis Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.

Gerhana Matahari Cincin ini akan terlihat di kota Sibolga (Sumatra Utara), Padang Sidempuan (Sumatra Barat), Duri (Riau), Batam dan Tanjung Pinang (Riau Kepulauan), Singkawang (Kalimantan Barat), serta Tanjung Selor (Kalimantan Utara).

Sedangkan sisa wilayah Indonesia lainnya akan menyaksikan Gerhana Matahari Sebagian.



(nun)