Kemenag DIY Imbau Umat Islam Gelar Salat Gerhana

Rabu, 25 Desember 2019 - 08:56 WIB
Kemenag DIY Imbau Umat Islam Gelar Salat Gerhana
Rasulullah SAW bersabda, jika kalian melihat gerhana, maka salat dan berdoalah kalian kepada Allah. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Fenomena alam gerhana matahari cincin bakal terjadi pada Kamis (26/12/2019). Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) DIY mengimbau umat Islam untuk menggelar salat kusuf.

Kepala Kanwil Kemenag DIY, Edhi Gunawan mengatakan, fenomena gerhana matahari ini bisa dinikmati warga Indonesia termasuk di DIY. Untuk DIY diperkirakan terjadi sejak pukul 10.22 WIB dan puncaknya pada pukul 12.17 WIB.

"Berkaitan dengan gerhana matahari sebagian ini, kami menghimbau umat Sslam di DIY menggelar salat sunah gerhana atau salat Kusuf," terang, Rabu (25/12/2019).

Dijelaskannya, himbauan ini juga akan disampaikan kepada seluruh kantor Kemenag Kabupaten /kota di DIY serta Kepala Kantor Urusan Agama untuk bisa diteruskan kepada warga masyarakat.

“Selain itu kami juga meminta kepada segenap pimpinan ormas Islam DIY dan seluruh takmir masjid agar menyampaikan kepada umat melalui jalur struktur masing-masing,” katanya.

Dilanjutkannya, pelaksanaan salat gerhana dapat dimulai sejak awal terjadinya gerhana di wilayah DIY yaitu pada pukul 10.22 WIB atau puncak gerhana yang akan terjadi pada pukul 12.17 WIB . “Berdasarkan data astronomis, akhir gerhana sebagian di DIY akan terjadi pada pukul 14.13 WIB,” terangnya.

Eddy berharap kepada umat Islam DIY agar mendoakan keselamatan bagi bangsa dan negara, khususnya di DIY agar kualitas kehidupan yang dijalani semakin tentram dan nyaman.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7580 seconds (0.1#10.140)