alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jet Tempur Su-57 Rusia Meledak dan Hancur Total

Muhaimin
Jet Tempur Su-57 Rusia Meledak dan Hancur Total
Pesawat jet tempur siluman generasi kelima Rusia, Su-57. Foto/Sputnik/Grigory Sysoyev

MOSKOW - Pesawat jet tempur siluman generasi kelima Su-57 Rusia jatuh kemudian meledak dan hancur total di dekat kota Komsomolsk-on-Amur, Rusia, Selasa (24/12/2019).

Seorang juru bicara otoritas hukum setempat mengatakan pilot pesawat yang juga dikenal dengan nama T-50 berhasil mengeluarkan diri dan dijemput oleh helikopter Mi-8.

Menurut juru bicara itu, pesawat yang jatuh milik Gagarin Aviation Plant atau Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant (pabrik pembuat pesawat), dan bukan milik militer Rusia. Insiden itu terjadi di wilayah yang berjarak 120 kilometer dari Pangkalan Udara Dzyomgi di Khabarovsk Krai.



Perwakilan otoritas hukum yang dikutip Sputniknews dalam kondisi anonim mengatakan jet tempur itu meledak dan hancur total. Saat ini para spesialis telah memulai pencarian perekam penerbangan. Menurut perwakilan pemerintah setempat, kecelakaan itu terjadi sebagai akibat dari pengujian mesin.

Jet tempur Su-57 adalah pesawat tempur superioritas siluman generasi kelima Rusia yang dibangun oleh Sukhoi Company Rusia. Pesawat multirole satu kursi dan bermesin ganda ini dilengkapi dengan avionik canggih dan berbagai persenjataan berpresisi tinggi. T-50 adalah nama internal Sukhoi untuk pesawat tempur siluman Su-57.



(nun)