alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hat-hati, Ada 104 Aplikasi Bahaya di Google Play Store

Muh Iqbal Marsyaf
Hat-hati, Ada 104 Aplikasi Bahaya di Google Play Store
Ada 104 aplikasi jahat di Google Play Store, karena pengguna handphone Android harus mengecek kolom komentar sebelum mengunduhnya. Foto/ist

MOUNTAIN VIEW - Hati-hati jika ingin mengunduh aplikasi di Google Play Store. Sejumlah aplikasi dicurigai mencuri data pribadi pengguna, mengklik iklan tersembunyi, mengambil alih kendali ponsel Anda dan masih banyak lagi kejahatan siber yang bisa dilakukan penjahat online.

Laman Forbes mengutarakan, perusahaan keamanan White Ops baru saja mengungkap adanya daftar 104 aplikasi Android yang tidak boleh diinstal pada perangkat berbasis Android. Jika sudah terpasang, maka harus cepat-cepat dihapus. Dan ada kemungkinan Anda memilikinya, karena aplikasi-palikasi ini telah unduh lebih dari 4,6 juta kali.

White Ops mengatakan, aplikasi ini menggunakan dua kode berbeda yang disebut "Soraka" dan "Sogo". Mereka akan menampilkan iklan layar penuh di ponsel Android. Iklan membantu pelaku mendapatkan uang dan untuk menjaga tetap berada di handphone, mereka mampu bersembunyi dari perangkat lunak anti-malware.



"Perilaku persembunyian itu penting. Para penipu semakin pintar -mereka tahu ini sekarang perlombaan senjata, mereka berusaha memperlambat analisis dengan taktik ini. Kami melihat tipe perilaku seperti ini lebih banyak dan banyak lagi," kata John Laycock dari White Ops.

Sebelum Mengunduh, Lihat Kolom Komentar
Aplikasi bernama "Penjelajah Keberuntungan Terbaik" terdaftar di Google Play Store dan daftar itu mengisyaratkan bahwa aplikasi tersebut dapat memberi tahu masa depan. "Apakah kamu ingin tahu kapan cinta sejatimu akan datang? Apakah kamu ingin tahu bagaimana keluargamu di masa depan? Apakah kamu ingin tahu apakah kamu akan diberikan promosi dan kenaikan gaji di masa depan?"

Laman Giz China melaporkan, aplikasi ini hanya untuk tujuan hiburan tapi pemindaian cepat pada bagian komentar dapat menyelamatkan Anda dari memasang malware ini di ponsel. Dalam kasus "Penjelajah Keberuntungan Terbaik," seorang pengguna mengibarkan bendera merah dengan menulis, "Masalah utamanya adalah Anda akan mendapatkan iklan tanpa henti —itu seperti virus."

Komentar lain memperingatkan, "Jangan mengunduhnya. Anda hanya akan melewati waktu. Dan masalah utama setelah mengunduh adalah Anda akan mendapatkan iklan dan iklan tanpa henti. Bahkan Anda tidak bisa menggunakan apa pun. Dan juga tidak ada apa-apa. seperti yang ditunjukkan dalam iklan. Itu seperti virus." Empat komentar berturut-turut adalah keluhan tentang jumlah iklan yang ditayangkan oleh aplikasi. Itu ada peringatan sempurna.



(nun)