alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Beranikah KPK Usut Kasus Jiwasraya ?

Rico Afrido Simanjuntak
Beranikah KPK Usut Kasus Jiwasraya ?
Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto : Dok SINDOnews

JAKARTA - Kasus PT Asuransi Jiwasraya (Persero) lebih besar daripada kasus Bank Century. Untuk itu Keberanian pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beserta Dewan Pengawas (Dewas) KPK dalam mengusut kasus Jiwasraya dipertanyakan.

"Kita coba apakah pimpinan baru KPK dan Dewas KPK berani nantinya mengungkap kasus Jiwasraya yang jauh lebih bombastik dana yang dijebol melebihi dana Bank Century yang hanya Rp8 triliun," ujar Wakil Ketua Umum Gerindra, Arief Poyuono dalam keterangan tertulisnya kepada SINDOnews, Selasa (24/12/2019).

Selain itu, dia mendorong DPR membentuk panitia khusus (Pansus) agar masalah Jiwasraya itu menjadi terang benderang. "Untuk mengungkap pembobolan Jiwasraya yang jumlah melebih pembobolan Bank Century," katanya



Dia menilai pembentukan holding asuransi yang diajukan Menteri BUMN sebagai cara mengatasi pembobolan Jiwasraya itu hanya kamuflase. "Karena BUMN asuransi lainnya juga lagi banyak bermasalah saat ini," ungkapnya.

Dia melanjutkan, Jiwasraya di era Hendrisman, diduga serampangan dalam berinvestasi. Dia mencontohkan, di lantai bursa misalnya, saham-saham yang diborong Jiwasraya bukanlah saham likuid yang konsisten naik. "Saat ini, dua emiten yang sahamnya digenggam Jiwasraya di atas 5% adalah PP Properti (PPRO) dan Semen Baturaja (SMBR). Sebelumnya ada TRAM, IIKP, MTFN, ABBA, SMRU," katanya.



(nun)