alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Awal Tahun Pemkab Gunungkidul Ujicoba e-Tiket ke Objek Wisata

Suharjono
Awal Tahun Pemkab Gunungkidul Ujicoba e-Tiket ke Objek Wisata
Bupati Gunungkidul Badingah (dua dari kanan) saat memberikan keterangan pers terkait e-tiket ke objek wisata, Senin (23/12/2019). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO

GUNUNGKIDUL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul akan menerapkan e-tiket untuk pembayaran retribusi wisata. Langkah ini dilakukan untuk menekan kebocoran dan memaksimalkan pendapatan dari sektor pariwisata.

Bupati Gunungkidul Badingah mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan perbankan syariah untuk e-tiket. Langkah ini diharapkan bisa memaksimalkan pendapatan serta mengurangi kebocoran di pos retribusi. "Nanti disiapkan dua jalur. Jalur e-tiket dan jalur manual di pos retibusi," katanya saat jumpa pers, Senin (23/12/2019).

Dijelaskan, Pemkab akan melakukan evaluasi terkait dengan uji coba yang dilakukan mulai 1 Januari tersebut. Kemudian akan dikembangkan dengan sistem aplikasi, sehingga memudahkan wisatawan saat berkunjung di objek wisata pantai.



"Sementara kita mencoba di pos retribusi utama Pantai Baron serta Pantai Pok Tunggal," ujarnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, untuk tahap awal masih sistem beli online. Namun demikian, pihaknya terus berusaha melakukan inovasi sehingga ke depan bisa berbentuk aplikasi atau barcode.

Ketika disinggung mengenai retribusi sampai dengan akhir tahun, Kelik mengaku masih tetap menggunakan pola manual.



(amm)