alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Salatiga Relatif Stabil

Angga Rosa
Jelang Natal, Harga Kebutuhan Pokok di Salatiga Relatif Stabil
Wali Kota Salatiga Yuliyanto bersama Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono saat memantau harga barang kebutuhan pokok di Pasar Raya I Salatiga, Jalan Jenderal Sudirman, Senin (23/12/2019). Foto/Dok.Humas Pemkot Salatiga

SALATIGA - Menjelang Natal dan Tahun Baru 2020, harga kebutuhan pokok masyarakat Kota Salatiga relatif stabil. Kenaikan harga beberapa jenis barang kebutuhan pokok masih dalam batas kewajaran.

Ini diketahui dari pemantauan harga kebutuhan pokok masyarakat yang dilakukan oleh jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Salatiga di Pasar Raya I Salatiga, Senin (23/12/2019). Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Salatiga Yuliyanto.

"Dari pantauan harga hari ini, di tiga titik yaitu SPBE, SPBU dan juga pasar, diketahui bahwa ketersediaan bahan bakar gas 3 kg, BBM sudah memadai. Demikian pula untuk kebutuhan pokok seperti daging, telur dan sebagainya, ketersediaan cukup bagus dan tidak ada lonjakan harga atau relatif stabil," kata Yuliyanto.



Wali kota berharap kestabilan harga tersebut dapat terus dipertahankan sampai akhir liburan Natal dan Tahun Baru 2020. "Pelayanan masyarakat terkait dengan kebutuhan gas, BBM ini penting agar masyarakat bisa menikmati libur dengan nyaman, aman, harga kebutuhan pokok juga terkendali," ujarnya.

Lebih jauh Yuliyanto menyebut, dibandingkan harga pada saat menjelang Lebaran lalu, kenaikan harga yang ada masih dalam batas kewajaran dan relatif stabil. "Namun apabila di pasar terjadi lonjakan-lonjakan harga komoditas tertentu, Pemerintah Kota Salatiga melalui Dinas Pasar akan melakukan operasi pasar, supaya lonjakan tersebut tidak memberatkan masyarakat. InsyaAllah pemerintah akan turun tangan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pedagangan Kota Salatiga Kusumo Aji menjelaskan, kenaikan beberapa komoditas masih relatif wajar, misalnya cabai merah naik dari Rp40.000 per kg menjadi Rp50.000 per kg dan daging sapi dari harga Rp110.000 per kg naik menjadi Rp115.000 per kg.

"Sedangkan gas 3 kg, kuota Kota Salatiga 2019 adalah 2.402.667 dan realisasi sampai dengan November 2019 adalah 2.145.190. Dengan kata lain, stok aman," katanya.



(amm)