alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hujan Angin Tumbangkan Pohon di Sleman, Timpa Jaringan Listrik dan Rumah

Priyo Setyawan
Hujan Angin Tumbangkan Pohon di Sleman, Timpa Jaringan Listrik dan Rumah
Petugas memangkas batang pohon tumbang yang menimpa jaringan listrik di wilayah Cangkringan, Sleman, Minggu (22/12/2019) sore. Foto/Dok BPBD Sleman

SLEMAN - Hujan dan angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Sleman, Minggu (22/12/2019 sore, mengakibatkan beberapa pohon tumbang. Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman, pohon tumbang terjadi di sembilan titik yang tersebar di tiga kecamatan, yaitu Cangkringan, Ngemplak, dan Ngaglik.

Pohon tumbang paling banyak di Kecamatan Cangkringan, yaitu tujuh titik. Untuk Kecamatan Ngemplak dan Ngaglik masing-masing satu titik. Pohon tumbang melintang di jalan, menimpa jaringan listrik, fasilitas umum, dan rumah warga. Pohon yang melintang jalan di empat titik, tiga titik di Dusun Kedung, Sembungan, dan Karangpakir, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan. Kemudian satu titik di Dusun Cilikan Kaliroso, Desa Umbulmartani, Kecamatan Ngemplak.

Pohon tumbang menimpa jaringan listrik terjadi di tiga titik. Semuanya di Kecamatan Cangkringan, yakni di Dusun Kedung, Sembungan dan Jamblangan, Desa Wukirsari. Pohon tumbang yang menimpa rumah warga di tiga titik, yakni di Dusun Donolayan, Desa Donoharjo, Kecamatan Ngaglik satu titik dan di Dusun Gelagahwero dan Sabragan, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan dua titik. Selain itu di Dusun Karangpakir, Desa Wukirsari, Cangkringan, pohon tumbang menimpa kandang ternak.



Pohon tumbang yang menimpa fasilitas umum terjadi di Dusun Sebrang Wetan, Desa Wukirsari, Cangkringan. Pohon beringin menimpa makam. "Itu data yang kami terima sampai pukul 16.00 WIB," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, Minggu (22/12/2019) petang.

Makwan menjelaskan, petugas tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sleman bersama relawan dan masyarakat setempat melakukan assesment dan pembersihan pohon-pohon tumbang, baik yang menimpa rumah dan maupun yang menutup akses jalan. "Dari laporan kecuali yang menimpa makan di Dusun Sebrang Wetan, Desa Wukirsari, Cangkringan yang masih dalam proses. Pohon tumbang di tempat lainnya semuanya sudah terkondisi. Untuk yang menimpa makam, akan dilanjutkan besok," katanya.



(amm)