Tips Membeli Motor: Antara Badan, Spesifikasi dan Postur Berkendara

Minggu, 22 Desember 2019 - 17:15 WIB
Tips Membeli Motor: Antara Badan, Spesifikasi dan Postur Berkendara
Astra Motor Jateng bagi tips safety riding. Foto/DOK.ASTRA MOTOR JATENG
A A A
SOLO - Astra Motor Jateng kembali berbagi tips seputar sepeda motor. Kali ini yang dibagikan adalah tips membeli sepeda motor baru, antara badan, spesifikasi, dan postur berkendara.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng Oke Desiyanto memberikan beberapa tips #Cari_Aman tentang bagaimana cara mencermati agar bisa mudah menentukan agar kendaraan yang akan dibeli cocok, sesuai, nyaman dan menyenangkan. "Sehingga tidak membuat menyesal di kemudian hari," kata Oke Desiyanto, Minggu (22/12/2019).

Berikut hal mudah yang harus diperhatikan saat memilih motor. Pertama kebutuhan, misalnya untuk penggunaan motor sehari–hari seperti bekerja, berbelanja ke pasar, antar-jemput anak, sekolah, berkomunitas atau bahkan hobi. Kebutuhan bisa diartikan secara ringkas yaitu fungsional karena mengutamakan fungsi, praktis dan kebergunaan tinggi, hobi dan kompetisi balap atau dekoratif.

Kedua adalah kondisi jalan yang sering ditemui sehari–hari. Misal jalan dalam atau luar kota, jalanan sempit atau lebar, atau melewati jalanan macet. "Hal ini menentukan profil ban, kehandalan suspensi, ketinggian motor dari tanah," katanya. Kemudahan mengendalikan motor berhubungan dengan posisi berkendara, sehingga membantu pemotor lebih siap melaluinya dan tentunya aman dan menyenangkan.

Ketiga adalah dimensi kendaraan dengan kondisi jalan yang dilalui. Dimensi ini juga menentukan kemudahan dan kepraktisan dihubungkan dengan kepadatan di jalan dan ruang yang selalui dilalui. Sangat berhubungan dengan kemudahan dan praktis. Keempat adalah biaya operasional bahan bakar. Kemampuan jarak jelajah motor, kapasitas tangki dan nilai ekonomis operasional penting untuk memilih motor karena alasan fungsional. Alasan kompetisi atau hobi tidak masalah dengan hal ini.

Kelima adalah fitur yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan sehari–hari. Fitur atau karakter atau fasilitas yang ditawarkan sebagai keunggulan, membantu mempermudah kegiatan berkendara, menunjang kegiatan berkendara dan aktivias sehari–hari. Sebagai contoh yang berhubungan dengan keselamatan, yaitu adalah Combi Brake System (CBS) membantu pengendara dalam hal performa pengereman yang baik, indikator ECO memudahkan kita memantau hemat bahan bakar dan bagasi membantu beraktivitas sehari–hari dalam membawa barang bawaan.

Keenam adalah kemampuan berkendara. Ini berhubungan dengan berat kendaraan, besarnya cc kendaraan dan postur kendaraan. Makin besar dimensi motor atau cc kendaraan dipastikan membutuhkan kemahiran agar dalam mengendalikan sepeda motor agar aman dan nyaman sehingga bisa merasakan kenikmatan berkendara.

Dari sudut pandang safety riding, membeli sepeda motor yang tepat secara fungsi dan kebutuhan penggunanya sangat berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan di jalan raya. Jika memilih kendaraan tanpa mempertimbangkan postur, akan berakhir dengan kesulitan mengendalikan kendaraan bermotor. "Bahkan di beberapa kasus, ada yang memilih motor dengan cc besar tapi belum mahir berkendara, sehingga menyebabkan rawan terjadi kecelakaan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6430 seconds (0.1#10.140)