Kecelakaan Maut di Pasuruan Jatim, Tujuh Tewas Tertabrak Alat Berat

Minggu, 22 Desember 2019 - 16:15 WIB
Kecelakaan Maut di Pasuruan Jatim, Tujuh Tewas Tertabrak Alat Berat
Alat berat terlepas dan menabrak mobil setelah truk kontainer pengangkutnya kecelakaan di Pasuruan. Tujuh orang tewas. Foto/iNews TV/Jaka Samudra
A A A
PASURUAN - Truk kontainer pengangkut alat berat menabrak lima kendaraan dari arah berlawanan di ruas jalur selatan Pasuruan-Malang, Jawa Timur, Minggu (22/12/2019). Akibatnya, tujuh orang tewas dalam peristiwa tersebut.

Kecelakaan ini terjadi di Jalan Raya Malang-Surabaya, tepatnya di Desa Sentul, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan yang melibatkan 1 truk tronton, 3 minibus, dan dua sepeda motor. Lima orang tewas di tempat kejadian perjara dan dua lainnya meninggal saat dibawa ke rumah sakit.

Sedangkan lima unit kendaraan yang dihantam ekskavator dan truk kontainer kondisinya rusak parah.

Menurut saksi mata kejadian, Hasan, kejadian bermula saat truk trailer pengangkut ekskavator melaju dari arah selatan ke utara atau dari Malang menuju Surabaya.

Sejak melewati wilayah Singosari, Malang, truk tersebut melaju secara zig-zag dan oleng di jalanan menurun. Selanjutnya ketika sampai di lokasi kejadian, truk oleng ke kanan dan keluar jalur hingga masuk ke jalur berlawanan arah. Truk yang tak terkendali kemudian menabrak gapura Desa Sentul.

"Alat berat yang dibawa lepas dan jatuh ke jalan raya dan menabrak kendaraan, yaitu mobil Ayla dan Sigra," tuturnya.

Alat berat kemudian menyerempet mobil Karimun dan dua sepeda motor. "Lima penumpang mobil Ayla dan Sigra meninggal seketika. Sedangkan seorang pengendara motor dan kenek truk meninggal saat dalam perjalanan ke rumah sakit," kata Hasan.

Kapolres Pasuruan AKBP Rofik Ripto Himawan membenarkan sementara ada 7 korban meninggal dunia. Sementara 5 korban lainnya mengalami luka-luka yang saat ini dirawat di RSUD Bangil.

Rofiq menyatakan, penyebab kecelakaan diduga karena sopir mengantuk hingga laju kendaraan oleng dan melompati keluar jalur hingga masuk ke arah berlawanan yaitu Surabaya-Malang. "Sopir truk sudah kita amankan di Mapolres Pasuruan dan sedang dimintai keterangan," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1833 seconds (0.1#10.140)