Antisipasi Teror, Polres Salatiga Optimalkan Siskamling Warga

Minggu, 03 Februari 2019 - 15:50 WIB
Antisipasi Teror, Polres Salatiga Optimalkan Siskamling Warga
Puluhan kepala poskamling perwakilan dari seluruh kelurahan di Salatiga saat mengikuti apel poskamling di Polres Salatiga, Minggu (3/2/2019). FOTO/SINDOnews/ANGGA ROSA
A A A
SALATIGA - Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono meminta masyarakat Salatiga untuk mengoptimalkan dan mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di semua kampung.

Siskamling merupakan salah satu cara yang efektif untuk menjaga keamanan lingkungan serta mengantisipasi tindak kejahatan termasuk aksi teror seperti pembakaran kendaraan bermotor yang terjadi di wilayah Kendal dan Kota Semarang.

"Dengan aktifnya pos kamling, setidaknya orang yang akan bertindak jahat akan mengurungkan niat orang yang akan melakukan tindak kriminal sehingga keamanan tetap terjaga. Untuk itu, kami mengajak dan melibatkan kepala pos kamling melakukan upaya pencegahan kejahatan mulai dari lingkungan masing-masing," kata Kapolres kepada wartawan seusai Apel Pos Kamling di Mapolres Salatiga, Minggu (3/2/2019).

Kapolres menyatakan, masyarakat memiliki peran penting dalam upaya menjaga kondusivitas keamanan dan mencegah tindak kejahatan. Sebab tindak kejahatan sewaktu-waktu bisa terjadi dimanapun. (Baca Juga: Teror Berlanjut, Motor Warga Semarang Kembali Jadi Sasaran Pembakaran)

Maka dari itu, Kapolres mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing. "Segera lapor ke polisi jika mendapati hal atau aktivitas orang yang mencurigakan, secepatnya kami tindak lanjuti. Kami juga akan keliling untuk mengunjungi pos kamling disetiap kampung," ujarnya.

Sementara itu, salah seorang peserta apel poskamling Agus (30), warga Klaseman, Sidomukti mengatakan, dirinya siap menjaga lingkungan dan membantu pihak kepolisian dalam mencegah tindak kejahatan termasuk aksi teror.

"Siapa pun pasti ingin lingkungannya aman, tertib dan nyaman. Agar lingkungan tetap aman, kami bersama warga akan menggiatkan simkaling guna meningkatkan keamanan," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9225 seconds (0.1#10.140)