alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rebut Piala Dunia Antarklub, Ini Catatan Rekor Liverpool

Susanto
Rebut Piala Dunia Antarklub, Ini Catatan Rekor Liverpool
Liverpool sukses menutup tahun 2019 dengan mengamankan trofi Piala Dunia Antarklub 2019. Foto/SKYSPORT

DOHA - Liverpool sukses meraih trofi Piala Dunia Antarklub 2019 setelah mengalahkan klub asal Brasil, Flamengo dengan skor 1-0. Lagi-lagi Roberto Firmino menjadi penentu kemenangan The Reds di Khalifa International Stadium, Doha, Qatar, Minggu (22/12/2019) dini hari WIB.

Kemenangan Liverpool dipastikan lewat gol Firmino di babak tambahan waktu atau menit ke-99. Di semifinal, Firmino juga menjadi penentu kemenangan atas Monterrey 2-1.

"Menjadi juara dunia sungguh luar biasa," kata Firmino kepada FIFA.com. "Perasaan yang unik. Mengenakan lencana juara dunia untuk tahun depan akan luar biasa,” imbuh pemain asal Brasil yang meraih Alibaba Cloud Match Award di laga tersebut.



emenangan Liverpool atas Flamengo sekaligus menuntaskan dendam ketika The Reds dikalahkan klub Brasil itu 0-3 pada final Piala Intercontinental 1981 di National Stadium, Tokyo, Jepang, 13 Desember 1981.Liverpool yang saat itu diperkuat Graeme Souness, Kenny Dalglish, dan kiper Bruce Grobbelaar, tak mampu menahan serangan Flamengo yang kemudian dinobatkan sebagai tim terbaik di planet ini dalam pertandingan yang sulit.

Berikut Rekor yang dicatat Liverpool:
  • Keberhasilan itu mencatatakan Liverpool sebagai klub Inggris pertama yang berhasil mengumpulkan tiga trofi internasional, setelah Liga Champions 2018/2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Antarklub 2019.
  • Piala Dunia Antarklub merupakan yang pertama bagi Liverpool sepanjang sejarah klub. Di Inggris, Pasukan Juergen Klopp menjadi tim Inggris kedua yang memenangkan Piala Dunia Antarklub, sejak Manchester United merebutnya pada 2008.
  • Piala Dunia Antarklub 2019
  • merupakan trofi ke-47 Liverpool sepanjang sejarah klub. Gelar itu memperlebar perbedaan jumlah trofi dari Manchster United dengan keunggulan 2 trofi.
  • Trofi Piala Dunia Antarklub juga melengkapi ragam trofi yang diraih Liverpool dalam 127 tahun klub itu berdiri, yakni; 18 Trofi Liga Primer, 7 Piala FA, 8 Piala Liga Inggris, 6 Piala Eropa/Liga Champions, 3 Piala UEFA (sekarang Liga Europa), 4 Piala Super Eropa, 1 Piala Dunia Antarklub.
  • Mohamed Salah terpilih menjadi Pemain Terbaik Turnamen Piala Dunia Antarklub 2019 berdasarkan amatan Technical Study Group FIFA.Penampilan Mohamed Salah di Qatar sangat terkenal dari awal hingga akhir. Dalam pertandingan pertama timnya, dia memberikan assist yang fantastis untuk Naby Keita, membuktikan bahwa ia tidak hanya mencetak gol, tetapi dapat membantu rekan-rekan setimnya juga menceteak gol. Kecepatan bintang Mesir ini adalah ancaman konstan terhadap lawan dan, sementara dia tidak mencetak gol di Qatar 2019, dia sepatutnya mendapat Bola Emas adidas untuk kecemerlangan permainannya, sesuatu yang diakui oleh ribuan penggemar di Khalifa International Stadium, yang bersorak setiap dia menyentuh bola.




(amm)