alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Haedar Nashir: Beri Kepercayaan dan Kawal Dewan Pengawas KPK

Priyo Setyawan
Haedar Nashir: Beri Kepercayaan dan Kawal Dewan Pengawas KPK
Ketua PP Muhammadiyah Haedar Nashir di kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019). FOTO : SINDOnews /Priyo Setyawan

YOGYAKARTA - Ketua Umum Pimpinan Pusat (Ketum PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir meminta masyarakat Indonesia untuk berpikir positif dan memberikan kepercayaan kepada lima dewan pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat menjalankan tugas amanat dan kewajiban sebagai lembaga pengawas terhadap keberadaan KPK.

“Saya menaruh kepercayaaan siapa yang dipilih menjadi Dewas KPK. Apalagi ada beberapa yang memiliki reputasi baik,” kata Haedar kepada wartawan di kantor PP Muhammadiyah Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Sabtu (21/12/2019).

Meski demikian, Haedar menyebut tetap harus ada kontrol dan dorongan kepada lima Dewas KPK bagaimana mereka menjalankan tugasnya sesuai dengan
konstitusional. Apalagi saat ini era terbuka, sehingga jika ada yang menyimpang akan dengan mudah diketahui. “Jangan biarkan mereka bebas dari kontrol publik ,” tandasnya.



Haedar menyebut peran pengawasan juga perlu dijalankan oleh awak media sebagai penyeimbang demokrasi. Termasuk yang meragukan kinerja Dewas KPK, juga harus memiliki jiwa kenegarawanan. Mereka yang meragukan itu juga sebagai bentuk kontrol.

“Jadi sah saja ada yang menaruh kepecayaan dan pesimis. Tetapi lebih dari itu agar kelimanya menjaga integritas. Namun perlu dicatat tidak ada bangsa yang tanpa masalah. Tapi bangsa yang besar, mampu menyelesaikan masalahnya,” terangnya.



(nun)