Dewan Pengawas KPK Bikin Kebocoran Makin Luas

Sabtu, 21 Desember 2019 - 14:59 WIB
Dewan Pengawas KPK Bikin Kebocoran Makin Luas
Mantan Komisioner Komisi Kejaksaan, Kaspudin Nor dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Babak Baru KPK di Hotel Ibis, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12). Foto/SINDOnews/Rico Afrido S
A A A
JAKARTA - Keberadaan Dewan Pengawas (Dewas) KPK dinilai akan membuat kebocoran upaya pemberantasan korupsi makin meluas. Pendapat itu disampaikan oleh mantan Komisioner Komisi Kejaksaan, Kaspudin Nor.

"Dengan adanya dewan pengawas, maka kebocoran akan semakin lebih luas," ujar Mantan Komisioner Komisi Kejaksaan, Kaspudin Nor dalam diskusi Polemik MNC Trijaya Network bertajuk Babak Baru KPK di Hotel Ibis, Jalan KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat, Sabtu (21/12/2019).

Namun, kata dia, jika tidak ada dewan pengawas, maka tanggung jawab moral atau tanggung jawab sepenuhnya ada pada para komisioner KPK. Adapun mengenai lima orang dewan pengawas yang telah ditunjuk Presiden Jokowi, dia menganggap biasa.

"Biasa-biasa aja. Selama berdirinya KPK kan gaduh terus," ungkapnya.

Dia mengatakan, dewan pengawas harus bisa mengawasi suatu kinerja KPK lebih baik lagi. "Cuma yang jadi masalah, ada satu keanehan juga, apakah ini masuk internal apa eksternal," imbuhnya.

Adapun Tumpak Hatorangan Panggabean sebagai Ketua merangkap anggota dewan pengawas KPK dengan empat anggota yakni Harjono, Albertina Ho, Artidjo Alkostar, dan Syamsuddin Haris.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7203 seconds (0.1#10.140)