Amerika Sebut Korut Uji Coba Rudal Jarak Jauh 2020

Sabtu, 21 Desember 2019 - 11:57 WIB
Amerika Sebut Korut Uji Coba Rudal Jarak Jauh 2020
Intelijen AS sebut Korut dapat sewaktu-waktu melakukan ujicoba rudal balistik antar benua. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
WASHINGTON - Korea Utara (Korut) disebut dapat dilakukan kapan saja uji coba rudal jarak pendek atau uji coba mesin roket. Sementara untuk uji coba rudal balistik antar benua (ICBM), meskipun mungkin, dimungkinkan pada awal tahun depan. Informasi ini disampaikan oleh Pejabat intelijen Amerika Serikat (AS) baru-baru ini

Beberapa situs yang memantau Korut menggunakan foto satelit komersial telah mencatat aktivitas di fasilitas peluncuran Sohae. Di masa lalu, situs ini digunakan untuk meluncurkan satelit. Namun sejauh ini intelijen AS tidak melihat persiapan untuk peluncuran dan mengatakan kegiatan itu bisa jadi hanya terkait dengan siklus latihan musim dingin seperti dilansir dari CBS News, Sabtu (21/12/2019).

Hal yang lumrah bagi pemimpin Korut Kim Jong-un untuk menyampaikan pidato Tahun Baru, di mana ia umumnya menjabarkan fokus strategis untuk tahun itu dan setiap perubahan besar dalam kebijakan atau keterlibatan.

Para ahli Korut kemungkinan akan mengawasi untuk melihat apakah Kim Jong-un menggunakan alamat tersebut untuk menyatakan jendela diplomatik dengan Amerika Serikat (AS) sekarang ditutup dan kemudian mengambil tindakan dengan meluncurkan ICBM. Atau ia bisa meluncurkan satu di antara sekarang atau kemudian dan menggunakan pidato tahunannya untuk menjelaskan mengapa uji coba dilakukan.

Kim Jong-un telah menetapkan tenggat waktu akhir tahun bagi AS untuk menawarkan persyaratan kesepakatan nuklir. Pada bulan ini, ia mengatakan terserah AS untuk memilih "hadiah Natal" yang diterima dari Korea Utara.

Pada bulan Februari, negosiasi denuklirisasi terhenti setelah pertemuan puncak antara Kim Jong-un dan Trump berakhir tiba-tiba ketika AS menolak permintaan Korut untuk mencabut semua sanksi sebagai imbalan atas pembukaan satu fasilitas utama nuklir Pyongyang untuk beberapa inspeksi.

Korut baru-baru ini mengklaim bahwa mereka telah melakukan tes "penting" dan "sangat penting", kemungkinan teknologi yang berkaitan dengan rudal. Korut juga mengumumkan penyelesaian satu tes saat perwakilan khusus AS untuk Korut, Steve Biegun, sedang melakukan perjalanan ke Korea Selatan (Korsel) pada pertengahan Desember untuk diskusi nuklir.

Tes rudal jarak pendek tidak akan dipandang sebagai provokasi, mengingat Pyongyang telah meluncurkan beberapa pada tahun lalu dan Presiden Trump telah mengabaikannya. Tes-tes ini penting bagi Korsel dan Jepang karena kedua negara dalam jangkauan rudal jarak pendek.

Pada Mei 2018, Korut membuat pertunjukan besar "menghancurkan" situs uji coba nuklir utamanya, Punggye-ri, mengundang anggota pers untuk melihatnya. Namun, tidak ada banyak bukti kegiatan utama di sana sejak itu. Korut dicurigai memiliki situs alternatif dan Punggye-ri sebagian besar tidak dapat digunakan karena jumlah tes yang dilakukan di sana.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8922 seconds (0.1#10.140)