Puluhan Bus di Terminal Tirtonadi Solo Jalani Ramp Check

Jum'at, 20 Desember 2019 - 16:15 WIB
Puluhan Bus di Terminal Tirtonadi Solo Jalani Ramp Check
Petugas saat melakukan ramp check terhadap kondisi bus yang beroperasi di Terminal Tirtonadi Solo, Jumat (20/12/2019). FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) X Jawa Tengah-Yogyakarta bersama instansi terkait menggelar ramp check di Terminal Tirtonadi, Solo, Jumat (20/12/2019). Seluruh bus yang beroperasi diperiksa adminstrasi dan laik teknisnya guna memastikan aman saat Libur Natal dan Tahun Baru.

Kepala Terminal Tirtonadi Solo Joko Sutriyanto mengatakan, ramp check bus sebenarnya rutin diselenggarakan. Namun di hari hari khusus seperti Natal dan Tahun baru, pemeriksaan dilakukan secara menyeluruh. Selain dari BPTD X Jateng dan Yogyakarta serta pengelola terminal, ramp check juga melibatkan pihak kepolisian, Jasa Raharja, dan instansi terkait lainnya.

"Pemeriksaan lima syarat rutin kami lakukan. Seperti wiper, lampu, ban, rem. Tapi kami lakukan saat ini detail, layak administrasi dan teknis," kata Joko Sutriyanto di selaramp check, Jumat (20/12/2019).

Melalui ramp check, pihaknya ingin memberikan pelayanan kepada pengguna armada bus sehingga merasa aman dan nyaman. Jika ditemukan ada bus yang tidak memenuhi persyaratan, selanjutnuya akan dikenakan sanksi tilang. Sementara jika dari fisik masih memungkinkan untuk diperbaiki, maka diperingatkan dan diminta segera diganti. Ramp check dilakukan ke seluruh bus, baik yang datang maupun yang akan berangkat.

Saat ini, para pengusaha bus berlomba-lomba memberikan pelayanan bus yang laik dan layak. Sebab masyarakat kini juga memilih bus yang kondisi bagus, laik dan layak jalan. Selain ramp check, para kru bus juga menjalani pemeriksaan kesehatan, termasuk tes narkoba. Pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatannya sebelum mengoperasikan busnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9362 seconds (0.1#10.140)