Jelang Nataru, Dishub Sleman Lakukan Ram Chek Angkutan

Kamis, 19 Desember 2019 - 23:00 WIB
Jelang Nataru, Dishub Sleman Lakukan Ram Chek Angkutan
Petugas Dishub Sleman melakukan ramp chek bus di Terminal Jombor, Sleman, Kamis (19/12/2019). FOTO : SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
SLEMAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Sleman melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) terhadap angkutan penumpang, terutama bus di Terminal Jombor, Sleman, Kamis (19/12/2019). Kegiatan ini unutk mengetahui kondisi dan kelengkapan serta kesiapan angkutan penumpang menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Kendaraan yang diketahui melanggar langsung mendapaptkan sanksi tindakan pelanggaran (tilang) termasuk yang tidak laik dan lengkap diminta memperbaiki dan melengkapinya.

Kepala Dishub Sleman, Matdiyana mengatakan ramp check ini penting. Sebab saat libur Natal dan tahun baru dipastikan pergerakan moda transportasi darat, khususnya bus dipastikan akan meningkat. Sehingga untuk keamanan dan keselamatan di jalan, maka kondis kendaraan harus diperhatikan. Terutama kelayakan angkutan.

"Kami bukan hanya memeriksa fisik, seperti sistem lampu sein, lampu rem, lampu utama, dan sistem roda, namun juga surat-surat dan administrasi kendaraan serta memeriksa kesehatan pengemudi, termasuk tes urine ,“ kata Matdiyaa di sela-sela ramp check angkutan bus di Terminal Jombor, Sleman, Kamis (19/12/2019).

Ramp Check dimulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB sudah ada tujuh bus yang telah diperiksa. Dari jumlah itu hampir semua bus sudah memenuhi kelaikan. Sebab hanya ada satu bus yang kelengkapan kendaraannya tidak sesuai dengan STNK. “Untuk hasil tes urine bagi pengemudi bus, seluruh pengemudi dinyatakan negatif terpengaruh narkoba atau obat-obatan terlarang,” paparnya.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Sleman, Ipda Gembong Widodo menambahkan bagi kendaraan yang surat kelengkapan STNK tidak sesuai, pihaknya melakukan tilang sesuai prosedur.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3004 seconds (0.1#10.140)