Rektor Unnes Yakin Komnas HAM Bakal Bersikap Adil atas Aduannya

Kamis, 19 Desember 2019 - 18:15 WIB
Rektor Unnes Yakin Komnas HAM Bakal Bersikap Adil atas Aduannya
Rektor Unnes Fathur Rokhman saat mendatangi Komnas HAM. Foto/Dok Pribadi Rektor Unnes
A A A
SEMARANG - Rektor Universitas Negeri Semarang (Unnes), Fathur Rokhman meyakini Komnas HAM bakal bersikap adil atas pengaduannya terhadap Ketua Senat Akademik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Hardiyanto Soebono. Pengaduan itu terkait pemanggilan dirinya oleh Senat UGM terkait isu plagiasi disertasi yang tidak sesuai prosedur hukum.

"Betul, saya mengadukan pemanggilan pemeriksaan tersebut ke Komnas HAM dengan alasan yang sangat kuat," kata Fathur Rokhman melalui pesan WhatsApp yang dikirimkan kepada SINDOnews, Kamis (19/12/2019).

Menurut Fathur, ada lima alasan kuat Komnas HAM akan memproses aduannya secara adil. Berikut ini alasannya: (Baca Juga: UGM: Tidak Ada Pelanggaran dalam Pemeriksaan Rektor Unnes)

1. Saya diperiksa tanpa adanya aturan hukum yang berlaku. Ketika saya tanyakan kepada pemeriksa, mereka menjawab pemeriksaan berdasarkan aturan umum.

2. Saya dipanggil sebelumnya sebagai saksi/narasumber pada tanggal 28 Oktober 2019. Saya minta penangguhan karena upacara Sumpah Pemuda. Pada panggilan kedua tiba-tiba saya dipanggil sebagai terperiksa.

3. Pertemuan saya dengan Dewan Kehormatan UGM sesuai dengan undangan bersifat rahasia. Namun Ketua Senat Akademik UGM malah membocorkan isi pertemuan ke pihak luar melalui media.

4. Pelapor saya bukanlah korban atau pihak yang dijiplak. Senat Akademik UGM tetap memproses.

5. Saya sudah mengantongi bukti bahwa saya tidak plagiasi, tapi bukti tersebut tidak diindahkan oleh Dewan Kehormatan UGM.

"Semua poin aduan saya tersebut telah diterima langsung oleh Ketua Komnas HAM RI. Beliau menyatakan akan serius memeriksa kasus ini," katanya. (Baca Juga: Adukan Ketua Senat UGM ke Komnas HAM, Ini Alasan Rektor Unnes)
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1578 seconds (0.1#10.140)