alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Siaga Bencana Nataru, Basarnas Kerahkan Spyder Excavator

Ahmad Antoni
Siaga Bencana Nataru, Basarnas Kerahkan Spyder Excavator
Kepala Kantor SAR Semarang, Aris Sofingi saat memeriksa kesiapan personel dan peralatan Basarnas Kantor SAR Semarang, Rabu (18/12/2019). FOTO : SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Seluruh personel Basarnas Kantor SAR Semarang menyatakan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim hujan yang juga bertepatan dengan arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kami telah menginstruksikan kesiapsiagaan yang tinggi kepada seluruh personil Basarnas Kantor SAR Semarang dalam menghadapi musim hujan yang sudah didepan mata,” tegas Kepala Kantor SAR Semarang, Aris Sofingi, usai Apel Kesiapsiagaan di Gedung Siaga SAR Kantor SAR Semarang, Gondoriyo,Kecamatan Ngaliyan , Semarang, Rabu (18/12/2019).

"Berdasarkan informasi dari BMKG, puncak musim penghujan berada di bulan Januari dan Februari 2020, sehingga seluruh personil kami harapkan untuk selalu bersiaga, persiapkan seluruh alat utama seperti spyder Excavator, perahu karet dan lain sebagainya untuk mengantisipasi bila terjadi bencana seperti banjir ataupun tanah longsor" tandasnya.



Sementara Aris Sofingi dalam membacakan sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas, Bagus Puruhito menyatakan bahwa pel siaga dimaksudkan untuk mewujudkan pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal untuk mendukung serta membantu unsur-unsur terkait melalui pemantauan jalur mudik angkutan Natal dan tahun baru, serta pemantauan kawasan wisata strategis secara profesional, sinergi dan militan

Kepala Basarnas, lanjut dia, juga menekankan pentingnya petugas siaga untuk selalu menjalin koordinasi dan bersinergi dengan potensi SAR terkait agar terwujud respon time apabila terjadi suatu kecelakaan atau bencana.

"Dan untuk seluruh personel Basarnas tidak diperkenankan untuk mengambil cuti terlebih dahulu, semua diharapkan siaga untuk memberikan pelayanan SAR selama beberapa hari kedepan" ungkapnya.

Sementara, Kantor SAR Semarang sendiri mempersiapkan 125 personel dan didukung oleh lebih kurang 2500 Potensi SAR yang sudah terlatih untuk melaksanakan siaga Nataru 2019 yang dimulai dari tanggal 18 Desember 2019 sampai dengan Januari 2020. Sedangkan posko Nataru akan digelar di Posko mandiri yang dipusatkan di Kantor SAR Semarang, Pos SAR Cilacap, Surakarta, Jepara dan Wonosobo.

Selain itu juga patroli mobile tol yang dilengkapi dengan personil yang memiliki kemampuan pertolongan pada kecelakaan juga dipersiapkan beserta peralatan dan perlengkapan pertolongan kecelakaan. Patroli mobile ini akan bergerak dari Posko siaga menuju ke Brebes hingga Surakarta.



(nun)