Tiga Mahasiswa UNS Juara 1 Kompetisi Mechanical Engineering Expo 2019

Rabu, 18 Desember 2019 - 13:59 WIB
Tiga Mahasiswa UNS Juara 1 Kompetisi Mechanical Engineering Expo 2019
Tiga mahasiswa UNS yang menyabet juara 1 di ajang Mechanical Engineering Expo 2019. Foto/DOK.UNS
A A A
SOLO - Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo berhasil meraih juara 1 kompetisi tingkat nasional di ajang Mechanical Engineering Expo 2019. Mereka membuat alat perangkap hama serangga hemat energi berbasis Internet of Things yang diberi nama ANSIOT.

Mechanical Engineering Expo 2019 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Himpunan Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta (UNJ) yang di dalamnya terdapat lomba karya tulis ilmiah. ANSIOT ciptaan M Maulana Yusuf dan Alvin Ichwannur Ridho dari Teknik Elektro, serta Farah Yuki Prasetyawati dari Pendidikan Fisika tersebut dinilai sebagai solusi pencegahan kerusakan tanaman bawang merah oleh organisme perusak tanaman (OPT).

Alat ini tergolong cukup sederhana dan mudah digunakan. Sistem kerjanya dapat dimonitoring secara real time oleh petani di manapun dan kapan pun melalui smartphone. ANSIOT juga hemat energi karena sumber energi utama dalam mengoperasikannya adalah menggunakan panel surya.

"Sebagai objek sasaran alat pengusir hama ini, kami menargetkan Kota Brebes," kata Alvin, salah satu anggota tim lomba dalam rilis yang diterima, Rabu (18/12/2019).

Kota Brebes dipilih karena menjadi salah satu kota dengan komoditas bawang merah terbesar di Indonesia serta menjadi pengguna pestisida terbesar di Asia Tenggara untuk membasmi hama pada tanaman bawang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3233 seconds (0.1#10.140)