alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Merasakan Sensasi Derasnya Arus Sungai Lolong Pekalongan

Suryono Sukarno
Merasakan Sensasi Derasnya Arus Sungai Lolong Pekalongan
Wisatawan saat arung jeram di Sungai Lolong, Kecamatan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO

PEKALONGAN - Pelesiran menjadi agenda wajib saat libur sekolah, Natal dan Tahun Baru. Salah satu paket wisata yang patut dicoba adalah arung jeram di Sungai Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan.

Sungai Lolong memiliki aliran air yang cukup deras dan sarat bebatuan. Pemandangan di sepanjang rute arung jeram juga alami nan indah.

"Di tempat ini, wisatawan dimanjakan bisa main air sepuasnya dan menikmati keindahan alam pegunungan Pekalongan wilayah selatan. Pengunjung bisa menjajal naik perahu karet dengan arus sungai cukup deras melakukan rafting atau arung jeram," kata pengelola wisata, Maman Firmansyah, Rabu (18/12/2019).



Meski terkesan ekstem, wisata arung jeram yang dikelola oleh pemuda Desa Lolong ini dijamin cukup aman. Sebab para pemandunya telah memiliki sertifikat dan menjalankan standar keamanan olahraga rafting.

Sebelum menikmati wisata ekstrem ini, pengunjung harus memakai alat pengamanan, seperti pelindung kepala atau helm, baju pelampung, perahu karet dan dayung yang disediakan oleh pengelola. Sebelum masuk ke air, pengunjung dipandu melakukan pemanasan agar tidak kram atau sakit saat rafting.

Satu perahu karet dinaiki 4-5 orang dan didampingi satu pemandu profesional. Setelah semuanya siap perahu lalu meluncur di atas derasnya air penuh bebatuan. Wisawatan harus kompak agar perahu bisa berjalan aman dan lancar.

Meski begitu, saking derasnya aliran air terkadang perahu terbalik karena menabrak batu. Tapi hal ini malah memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung. Baju pelampung dan alat pengaman yang melekat di tubuh menghindarkan pengunjung dari cedera.

Di salah satu titik, wisatawan akan diajak mencoba sensasi lompat dari atas tebing ke air setinggi 15 meter. Bagi yang berani, tentu ini akan menjadi tantangan tersendiri. Seperti salah satu wisatawan asal Jakarta, Syahrial, dia mencoba segala tantangan saat arung jeram di Sungai Lolong.

"Sangat senang menikmati keindahan alam dan mencoba wahana arung jeram di tempat ini. Rasanya ketagihan dengan serunya berpacu di tengah derasnya air Sungai Lolong," katanya.

Arung jeram Sungai Lolong cukup diminati. Tidak hanya wisatawan asal Pekalongan dan sekitarnya, tapi juga luar daerah seperti Semarang, Surabaya, Jakarta, Bandung, Kalimantan, dan Sumatera.

Untuk menikmati arung jeram ada beberapa paket harga tergantung panjang dan pendek jalur serta fasilitas. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp150.000 sampai Rp250.000 per orang sudah dengan makan dan minum.



(AMM)