Awas, Hujan Angin Disertai Petir Dipediksi Landa Jateng

Jum'at, 01 Februari 2019 - 15:05 WIB
Awas, Hujan Angin Disertai Petir Dipediksi Landa Jateng
BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani merilis informasi sejumlah daerah di Jawa Tengah bakal dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Ahmad Yani merilis informasi sejumlah daerah di Jawa Tengah bakal dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir. Untuk itu, warga diimbau selalu berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan.

"Untuk cuaca di Jawa Tengah pagi hari umumnya cerah hingga berawan. Siang sampai awal malam hujan intensitas ringan hingga sedang, tersebar di wilayah Jawa Tengah dengan waktu yang bervariasi," prakirawan BMKG, Arif Nur Hidayat, Jumat (1/2/2019).

BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang, di daerah pegunungan pada siang atau sore hari.(Baca Juga: Cuaca Ekstrim, Jalur Pendakian Sindoro via Kledung Ditutup)

Prakiraan cuaca itu berdasarkan pengamatan citra satelit Himawari 8, pukul 06.00 WIB. Sementara prakiraan cuaca ini berlaku hari ini pukul 07.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB.

"Semarang, pagi hingga siang umumnya cerah berawan. Sore hingga awal malam hujan ringan sampai sedang. Angin dari arah barat-utara dengan kecepatan 10-25 kilometer per jam. Suhu udara berkisar 26-32 derajat Celsius dan kelembapan berkisar 65-85 persen," katanya.

Dari citra satelit itu juga diketahui jika gelombang laut cukup tinggi. Masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir dan aktivitas pelayaran diminta untuk selalu waspada.

"Tinggi gelombang laut Jawa 0,1-0,75 meter, dan tinggi gelombang di perairan Selatan Jawa Tengah 1-2,5 meter," katanya.

(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3607 seconds (0.1#10.140)