Tidak Takut, Warga Purwokerto Ini Malah Bermain dengan Ular Kobra

Rabu, 18 Desember 2019 - 09:00 WIB
Tidak Takut, Warga Purwokerto Ini Malah Bermain dengan Ular Kobra
Warga Purwokerto, Banyumas, Iin Ayu sedang bermain dengan ular king kobra piaraannya, Selasa (17/12/2019). FOTO/iNews/SALADIN AYYUBI
A A A
BANYUMAS - Teror ular kobra sedang menghantui sebagian orang di beberapa daerah di Indonesia. Belasan hingga puluhan ekor ular sendok tersebut ditemukan di lingkungan rumah. Mereka takut dan khawatir reptil berbisa itu menyerang dan melukai anggota keluarga.

Jika sebagian orang takut dengan ular kobra, lain halnya dengan seorang ibu asal Purwokerto, Kabupaten Banyumas bernama Iin Ayu. Alih-alih takut, dia malah sudah bermain dan bersahabat dengan ular king kobra sejak puluhan tahun lalu. Puluhan ekor ular king kobra dipelihara dan dijadikan semacam koleksi binatang. Seperti king kobra Jawa dan king kobra Kalimantan.

"Naluri suka pada reptil tumbuh saat remaja," kata Iin yang bermain dengan ular king kobra bersama teman-teman pecinta reptil di Kabupaten Banyumas, Selasa (17/12/2019).

Sebagai anggota Komunitas Pencinta Reptil Kabupaten Banyumas, Iin cukup paham dengan karakter ular kobra. Tak heran Iin dan rekan-rekannya kerap diminta sekolah dan instansi untuk memberikan edukasi mengenai reptil, terutama ular.

Tidak Takut, Warga Purwokerto Ini Malah Bermain dengan Ular Kobra


Menurutnya, fenomena munculnya ular kobra di rumah dan lingkungan tempat tinggal karena akhir tahun merupakan masa berkembang biak ular jenis ini. Warga, kata Iin, tidak perlu khawatir berlebihan atas fenomena ini tapi harus tetap waspada.

"Warga harus rajin membersihkan rumah yang dimungkinkan bisa menjadi tempat bersarang dan bersembunyinya ular kobra," katanya.

Iin juga mengimbau warga untuk menggunakan alat saat mengusir ular kobra karena sangat membahayakan dan bisa mematikan. Iin berharap fenomena kemunculan ular kobra ini tidak menimbulkan korban jiwa dan warga bisa mengatasi dengan baik dan benar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1552 seconds (0.1#10.140)