Jalan Tertutup Longsor 75 Meter, 3 Alat Berat Dikerahkan

Selasa, 17 Desember 2019 - 22:35 WIB
Jalan Tertutup Longsor 75 Meter, 3 Alat Berat Dikerahkan
Tiga unit alat berat telah diterjunkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan nasional penghubung Banjarnegara – Wonosobo. FOTO : IST
A A A
BANJARNEGARA - Sejumlah petugas dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan nasional penghubung Banjarnegara – Wonosobo, Jawa Tengah. Tiga unit alat berat telah diterjunkan ke lokasi kejadian untuk memudahkan proses pembersihan.

Ruas jalan nasional di Desa Prigi Kecamatan Sigaluh Banjarnegara, yang tertimbun longsor sepanjang sekira 75 meter. Meski demikian, banyak material longsor yang menimbun jalan sehingga membutuhkan kerja keras untuk proses pembersihan.

“Material longsor yang menimbun panjangnya kurang lebih 75 meter, tapi materialnya juga cukup banyak. Ini tanah saja tidak ada batuan, jadi di sisi kanan (jalan) itu bukit dan ada sawahnya. Lalu bukit longsor, jadi melimpah ke jalan,” kata Kepala Pelaksana (Kalaks) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjarnegara Arif Rahman, Selasa (17/12/2019).

Menurutnya, proses pembersihan material longsor melibatkan sejumlah pihak dan masyarakat. Polisi juga diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas. Kepadatan arus lalu lintas mengular hingga empat meter.

“Untuk kendaraan gede bus dan truk sementara tidak bisa jalan, sebelum ini terbuka (jalannya). Antrean kendaraan untuk truk dan bus kira-kira ada tiga sampai empat kilometer dari lokasi longsor, baik dari sisi timur dan barat,” terangnya.

“Untuk operasi pembersihan ini kita kerahkan tiga alat berat. Ini satu alat berat yang kapasitas besar lagi kita operasikan, untuk pembersihan tanah yang menumpuk di jalan. Pak Bupati, Kapolres dan jajarannya ini sudah di lapangan,” tutup dia.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1401 seconds (0.1#10.140)