Siaga Cuaca, TNI AL-Unsur Maritim Gelar Latihan SAR di Semarang

Selasa, 17 Desember 2019 - 16:30 WIB
Siaga Cuaca, TNI AL-Unsur Maritim Gelar Latihan SAR di Semarang
Personel gabungan saat melakukan pencarian dan pertolongan pada korban kapal tenggelam dalam latihan SAR unsur maritim di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Selasa (17/12/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Ratusan personel terlibat dalam apel gabungan Latihan SAR (Search And Rescue) Unsur Maritim Kota Semarang di area Dermaga Pelabuhan Tanjung Emas, Selasa (17/12/2019). Peserta apel gabungan meliputi personel Lanal Semarang, Polairud Polda Jateng dan Basarnas Kota Semarang dan unsur maritim lainnya.

Komandan Lanal Semarang, Kolonel Laut (P) Musleh Yadi mengatakan, apel gabungan Latihan SAR Unsur Maritim Kota Semarang ini dilakukan sebagai antisipasi situasi dan kondisi cuaca pada Desember sekaligus persiapan pengamanan menghadapi Natal dan Tahun Baru.

"Tujuan kegiatan ini yang pertama sebagai antisipasi situsasi di Desember ini ada banyak perubahan cuaca dan kedua kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru," kata Musleh Yadi.

Dia menyatakan bahwa TNI AL beserta unsur maritim seperti SAR, KSOP, Polair Polda Jateng siap untuk melaksanakan siaga, melaksanakan pengamanan, melaksanakan SAR kapan pun. "Kami unsur maritim selalu siap melaksanakannya. Maka melaksanakan latihan SAR ini untuk menguji kesiapsiagaan di Jateng," katanya.

Musleh menyebutkan, materi dalam Latihan SAR salah satunya adalah pencarian dan pertolongan. "Jadi latihan SAR ini disimulasikan kapal tenggelam dan terbakar di laut dan ada pertolongan dan pencarian baik dari udara maupun laut," ungkapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5535 seconds (0.1#10.140)