Hujan Lebat Ancam Semarang Selatan Hari Ini

Senin, 16 Desember 2019 - 08:44 WIB
Hujan Lebat Ancam Semarang Selatan Hari Ini
Hujan intensitas sedang hingga lebat mengancam daerah Semarang Selatan Jawa Tengah pada hari ini Senin (16/12/2019). FOTO : DOK SINDOnews/Taufik Budi
A A A
SEMARANG - Hujan intensitas sedang hingga lebat mengancam daerah Semarang Selatan Jawa Tengah pada hari ini Senin (16/12/2019). Warga yang beraktivitas di luar rumah dan jalan raya diimbau meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi pohon tumbang atau longsor.

Prakiraan cuaca itu dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang. Prakiraan cuaca berdasarkan pengamatan citra satelit itu berlaku hari ini mulai pukul 07.00 WIB hingga 19.00 WIB.

"Cuaca di Kota Semarang pada pagi-siang umumnya berawan. Sore-malam berpotensi hujan dengan intensitas bervariasi dari ringan-sedang. Waspada potensi hnjan sedang-lebat di bagian Selatan," kata forecaster BMKG, Triyotomo.

"Angin bertiup dari arah Utara Tenggara dengan kecepatan 10 - 25 km/jam. Suhu udara berkisar antara 27 - 33 derajat Celsius dan klembaban udara berkisar 60 - 90 persen," tambahnya.

Sementara cuaca Jawa Tengah pada pagi hari umumnya berawan, potensi hujan ringan di sekitar pantura barat. Untuk siang-awal malam berpotensi hujan ringan-sedang di wilayah Jateng dengan waktu bervariasi.

"Waspada potensi hujan intensitas sedang-lebat dapat disertai petir dan dapat didahului angin kencang di wilayah Pegunungan Tengah, Pantura Barat-Tengah, Pesisir Selatan sisi Utara, dan sebagian Jateng Timur," terangnya.

Warga yang beraktivitas di perairan juga diimbau selalu berhati-hati karena gelombang cukup tinggi. Tinggi gelombang di Perairan Utara Jawa Tengah berkisar 0,1- 0,5 meter. Sedangkan tinggi gelombang di Perairan Selatan Jawa Tengah mencapai 0,5 - 2,5 meter.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2141 seconds (0.1#10.140)