alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Lokananta Kebanjiran Order Penggandaan Kaset Pita Band Indie

Ary Wahyu Wibowo
Lokananta Kebanjiran Order Penggandaan Kaset Pita Band Indie
Para pegawai Lokananta Solo saat menggandakan kaset pita permintaan band band Indie dari Indonesia. Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo

SOLO - Perum Lokananta Solo kebanjiran order penggandaan kaset pita dari grup band indie. Permintaan mencapai 3.000 pieces kaset/bulan.

Kepala Cabang Perum Lokananta Marini mengatakan, permintaan penggandaan kaset berasal dari band band indie dari berbagai wilayah di Indonesia. Seperti Bandung, Sumatera, Papua dan Manado.

“Minat terhadap kaset masih cukup tinggi, terutama dari komunitas band band indie,” kata Marini, Minggu (15/12/2019). Band band indie tersebut, mengirimkan file dalam bentuk master melalui imel, atau datang langsung.



Untuk menggandakannya, maka perlu dirubah dari versi digital ke analog. Untuk membut kaset pita, Lokananta mendapatkan bahannya dari PT Panggung di Surabaya. Mulai dari pita hingga kotak kasetnya. Permintaan penggandaan biasanya meningkat signifikan ketika mendekati record tours day, di bulan April atau Oktober. Bahkan permintaan bisa mencapai 50 ribu pieces kaset.

Salah satu alasan mereka menggandakan kaset pita karena mereka komunitas indie yang independent. Sehingga belum memiliki label yang menaungi sehingga harus membuat kaset guna diedarkan ke komunitasnya sendiri. Satu band indie order penggandaan bervariasi antara 100-200 pieces. Bahkan band indie yang memiliki komunitas besar ada yang meminta penggandaan hingga 500 pieces.

Permintaan terbesar berasal dari band indie yang memiliki karakter metal. Mereka merupakan band band anak muda yang beraliran musik keras. Jumlahnya mencapai 70%. Sedangkan 30% sisanya beraliran musik lainnya, seperti musik pop.



(nun)

loading...