Sikat Chen Long, Anthony Ginting Lolos ke Final

Sabtu, 14 Desember 2019 - 16:30 WIB
Sikat Chen Long, Anthony Ginting Lolos ke Final
Anthony Sinisuka Ginting mencatatkan sejarah lolos ke final BWF World Tour Finals 2019 setelah menghajar wakil China, Chen Long di babak semifinal, Sabtu (14/12/2019). FOTO/PBSI
A A A
GUANGZHOU - Penampilan Anthony Sinisuka Ginting luar biasa. Tunggal putra Indonesia itu mencatatkan sejarah lolos ke final BWF World Tour Finals 2019 setelah menghajar wakil China, Chen Long di babak semifinal, Sabtu (14/12/2019).

Kemenangan kedua beruntun atas Chen Long diraih setelah Anthony menang dua game dengan skor identik 21-15, 21-15 dalam laga semifinal di Tianhe Gymnasium, Guangzhou, China, Sabtu (14/12) siang ini. Sebuah kemenangan sensasional yang dibukukan Anthony memperpanjang dominasinya atas Chen Long menjadi 8-4.

Pada laga penyisihan Grup B, Anthony juga membungkam Chen long dua game 21-12, 21-11. Sukses Anthony ini menjadikannya sebagai tunggal putra pertama Indonesia yang lolos ke final BWF World Tour Finals atau Super Series sejak Tommy Sugiarto pada 2013.

"Puji Tuhan bisa menang hari ini dan lolos ke final. Pastinya senang dengan hasil ini, karena tadi saya mainnya juga nggak terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Bisa enjoy menikmati pertandingan," kata Anthony Sinisuka Ginting kepada badmintonindonesia.org usai bertanding.

Pada duel kali ini yang berlangsung selama 41 menit, Anthony mampu tampil menguasai jalannya permainan sedari awal hingga akhir. Menurutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari permainan Chen Long hari ini dan pertemuan sebelumnya.

"Secara keseluruhan hampir sama permainannya di pertandingan hari ini dan sebelumnya. Mungkin kalau strategi mainnya dia hari ini sedikit berbeda dengan kemarin. Hari ini dia mainnya lebih banyak nurunin bola, jadi otomatis saya harus angkat bola. Tapi bersyukurnya, saya bisa menghindari itu, dan tetap bisa mengatur tempo permainan," katanya.

"Kalau berbicara kualitas lawan, nggak ada bedanya kok dengan pertandingan sebelumnya, dia tetap pemain yang bagus," lanjut Anthony menambahkan.

Melesat ke partai puncak BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou, Anthony masih harus menunggu calon lawannya. Kemungkinan besar, ia akan berhadapan dengan tunggal putra nomor satu dunia, Kento Momota (Jepang) yang baru akan bertanding dengan Wang Tzu Wei (Taiwan) pada pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 17.00 WIB.

"Kalau bertemu Momota, saya siap semuanya, baik fisik maupun teknik. Saya harus selalu siap 100% kalau bertemu Momota. Yang penting setelah ini saya mau istirahat dan jaga kondisi," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0435 seconds (0.1#10.140)