alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Vegan dan Vegetarian Tidak Sama, Ini Perbedaannya

Wahyono
Vegan dan Vegetarian Tidak Sama, Ini Perbedaannya
Vegan dan vegetarian umumnya dipahami sebagai hal yang sama, yakni tidak makan daging, hanya mengonsumsi sayur mayur. Padahal ditelisik lebih jauh keduanya berbeda. FOTO/IST

JAKARTA - Vegan dan vegetarian umumnya dipahami sebagai hal yang sama, yakni tidak makan daging, hanya mengonsumsi sayur mayur. Padahal ditelisik lebih jauh keduanya berbeda.

Berikut ini perbedaan antara vegan dan vegetarian:

Nomor Vegetarian/Vegan
1. Vegetarian Society mendefinisikan vegetarian sebagai gaya hidup yang dijalani oleh seseorang dengan menu makanan biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, jamur, dan beberapa makanan non-hewani lainnya seperti garam dengan atau tanpa produk susu, madu dan/atau telur.
2. Gaya hidup vegetarian memiliki beberapa tipe yang salah satunya adalah vegan
3. Vegan Society mendefinisikan vegan sebagai cara hidup yang berusaha untuk menghindari semua bentuk eksploitasi dan kekejaman hewan sebanyak mungkin. Oleh karena itu, pola makan vegan tidak hanya menjauhi daging hewan, tetapi juga susu, telur, dan bahan-bahan yang berasal dari hewan.
4. Vegetarian dan vegan menghindari asupan produk hewani karena alasan yang sama. Perbedaan terbesar terletak pada sejauh mana produk hewani itu diterima.
5. Vegetarian masih mentoleransi beberapa produk yang dihasilkan oleh hewan seperti susu dan madu, tapi vegan memilih untuk menghindari produk-produk itu.

Jenis gaya hidup vegetarian
1. Lacto-ovo-vegetarian (memakan produk susu dan telur)
2. Lacto-vegetarian (memakan produk susu tetapi menghindari telur)
3. Ovo-vegetarian (memakan telur tetapi tidak mengonsumsi produk susu)
4. Vegan (tidak mengonsumsi produk hewani sama sekali, termasuk susu dan telur)






(AMM)

loading...