Pemda DIY Gandeng Grab Wujudkan Provinsi Cerdas

Sabtu, 14 Desember 2019 - 07:00 WIB
Pemda DIY Gandeng Grab Wujudkan Provinsi Cerdas
Gubernur DIY Sri Sultan HB X menandatangani nota kesepahaman dengan Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi dalam program Co-creation for a Smarter Province. FOTO/Dok.Humas Pemda DIY
A A A
YOGYAKARTA - Pemda DIY bekerja sama dengan Grab menjalin kerja sama dalam program Co-creation for a Smarter Province. Program ini dilaksanakan untuk mengembangkan provinsi cerdas berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, Grab ingin turut serta dalam pengembangan daerah di Indonesia dengan menggunakan teknologi untuk menciptakan dampak berkelanjutan di masyarakat. Melalui kerja sama dengan Pemda DIY, teknologi smart city akan membantu meningkatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, mulai dari mobilitas, efisiensi pelaksanaan tugas, sampai dampak sosial berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Kerja sama Grab dengan Pemerintah DIY meliputi bidang kesehatan, komunikasi dan informatika, perhubungan, pariwisata, pendidikan, pemuda, dan olahraga, kebudayaan, serta usaha kecil menengah," katanya usai penandatanganan nota kesepahaman di Yogyakarta, Jumat (13/12/2019).

Dijelaskan, program Co-creation for a Smarter Province yang diinisiasi oleh Grab dan Pemda DIY meliputi Integrated Mobility Co-creation, yakni pemanfaatan teknologi dan layanan aplikasi guna memperluas layanan transportasi serta memudahkan mobilitas masyarakat DIY. Kemudian Sustainable Economy Co-Creation yang memanfaatkan teknologi dan layanan aplikasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di DIY. Selain itu, efficiency Co-Creation yang berguna untuk meningkatkan efisiensi operasional pelaksanaan tugas ASN dan memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Kemudian Social Impact Co-Creation, yakni upaya bersama yang berdampak sosial bagi masyarakat, terutama di bidang kesehatan dan pendidikan, serta Cultural and Tourism Co-Creation untuk meningkatkan kesadaran masyarakat atas budaya dan kemajuan sektor pariwisata di DIY dan sekitarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyambut baik kerja sama ini. Diharapkan kerja sama ini bisa menjadikan DIY lebih baik dalam menyambut perubahan zaman dan meningkatkan level kompetensi menuju dimulainya era ekonomi digital.

"Harapan saya, program Co-creation for a Smarter Province ini menjadi permulaan bagi DIY yang memiliki akses mobilitas lebih baik, pelayanan publik lebih mudah, serta peningkatan kesadaran terhadap budaya serta pariwisata," katanya.

Dia berharap program ini menjadi suatu yang berkelanjutan sehingga terus memberikan manfaat positif bagi masyarakat.

Selain dengan Pemda DIY, Grab juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan BPD DIY. Dalam kerja sama ini dilakukan dengan pemberian layanan dan kemudahan akses perbankan serta produk-produk Bank BPD DIY kepada para mitra pengemudi Grab di DIY. Di samping itu juga kerja sama untuk peningkatan literasi dan inklusi keuangan di Yogyakarta.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3440 seconds (0.1#10.140)