alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sikat Ganda Jepang, Minions Susul Ginting dan Hendra/Aksan ke Semifinal

Andryanto Wisnuwidodo
Sikat Ganda Jepang, Minions Susul Ginting dan Hendra/Aksan ke Semifinal
Ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo akhirnya lolos ke semifinal dalam Final BWF World Tour 2019. FOTO/PBSI

GUANGZHOU - Ganda putra fenomenal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menyusul seniornya, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting ke babak semifinal pada Final BWF World Tour 2019. The Minions mengalahkan ganda Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda di laga terakhir.

Minions memastikan lolos setelah memenangi game pertama 21-16 untuk mengunci tiket semifinal. Awalnya, Minions harus menang straight game atau kalah rubber game melawan Takeshi/Sonoda. Skenario itu muncul setelah di laga lain, Yuta Watanabe/Hiroyuki Endo mempermalukan juara bertahan Li Jun Hui/Liu Yu Chen dengan straight game 21-12, 21-11. Dengan demikian, Grup A diwakili Yuta/Endo dan Marcus/Kevin ke semifinal.

Lolosnya Minions dengan skor akhir 21-16, 20-17 mengikuti jejak dua wakil Indonesia lainnya, Anthony Ginting dan pasangan Hendra/Ahsan. Anthony lolos sebagai juara Grup B. Minions dan Daddies sama-sama sebagai runner-up Grup A dan B. Dari Grup B yang lolos selain Hendra/Ahsan adalah Lee Yang/Wang Chi-Lin dari Taiwan.



Pada bagian lain, ganda campuran Indonesia gagal menempatkan wakilnya di semifinal dalam Final BWF World Tour 2019 setelah dua wakilnya tersingkir. Dalam laga terakhir yang menentukan di Grup B, Hafiz Faizal/Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sama-sama menelan kekalahan.

Awalnya, Praveen/Melati diharapkan bisa menjadi malaikat penyelamat Hafiz/Gloria jika bisa menaklukkan runner-up edisi 2018 asal China, Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong di laga terakhir. Jika Praveen/Melati menang, akan meloloskan Hafiz/Gloria yang dalam laga lain melawan Yuta Watanabe/Arisa Higashino dari Jepang.

Sayang, skenario itu berantakan setelah keduanya harus kalah dari lawan-lawannya di Grup B. Praveen/Melati menelan kekalahan ketiga setelah menyerah rubber game dari Zheng/Huang dengan skor 8-21, 21-15, 20-22. Sedangkan Hafiz/Glo takluk kepada Yuta/Arisa dengan skor 14-21, 12-21.

Dengan kekalahan tersebut, Indonesia dipastikan tidak mengirimkan wakilnya ke semifinal ganda campuran dan ganda putri. Di ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dipastikan tersingkir setelah menelan tiga kekalahan di Grup A.

Greysia/Apriyani menelan kekalahan ketiga saat melawan Du Yue/Li Yin Hui dalam pertandingan yang tidak menentukan. Seperti dua laga sebelumnya, Greysia/Apriyani harus kalah setelah sempat unggul di game pertama dengan skor 21-12, 17-21, 11-21.



(amm)