alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Awas Hujan Lebat Disertai Petir di Eks Karesidenan Surakarta

Taufik Budi
Awas Hujan Lebat Disertai Petir di Eks Karesidenan Surakarta
Awas hujan angin disertai petir berpotensi landa Jateng dan eks Karesidenan Surakarta. Foto/Ilustrasi

SEMARANG - Hujan lebat disertai angin kencang dan petir diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Jawa Tengah dan eks Karesidenan Surakarta. Warga diminta berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan terutama bila beraktivitas di luar rumah.

"Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat dapat disertai petir dan diikuti angin kencang di wilayah Pegunungan Tengah, sebagian Eks Karesidenan Surakarta," kata forecaster BMKG, MS Fuad, Jumat (13/12/2019).

Prakiraan cuaca itu berdasarkan pengamatan citra satelit di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang. Prakiraan cuaca berlaku hari ini Jumat (13/12/2019) pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB.



"Prakiraan cuaca Semarang umumnya berawan, berpotensi hujan ringan pada sore - awal malam. Angin dari arah Utara - Tenggara dengan kecepatan 10 - 25 km/jam. Suhu udara berkisar antara 27 - 33 °C. Kelembaban udara beddsar 60 - 85 %," terangnya.

Sementara untuk wilayah Jawa Tengah pada pagi hari umumnya berawan meliputi pesisir Pantura Barat dan Pantura Tengah. Sedangkan pesisir selatan berpotensi hujan ringan. Cuaca pada siang/sore-awal malam pada umumnya terjadi hujan ringan.

"Untuk tinggi gelombang di Perairan Utara Jawa Tengah yakni 0,5 - 1,25 meter, sedangkan tinggi gelombang di Perairan Selatan Jawa Tengah adalah 1,25 - 2,5 meter," pungkasnya.



(nun)

loading...