Pemkot Gelar Semarang 10K, Ini Ruas Jalan yang Ditutup Sementara

Jum'at, 13 Desember 2019 - 08:01 WIB
Pemkot Gelar Semarang 10K, Ini Ruas Jalan yang Ditutup Sementara
Rute Semarang 10K yang digelar pada Minggu (15/12/2019). FOTO : DOK HumasPemkot Semarang
A A A
SEMARANG - Sukses menggelar Semarang 10K pada 2018, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang kembali bersiap akan menggelar event olahraga sekaligus wisata tersebut. Semarang 10K yang akan digelar pada Minggu (15/12/2019) ini bukan hanya nilai kesehatan saja, para pelari juga diajak menelusuri kembali sejarah Kota Semarang dengan berbagai keunikan dan kekayaan topografinya melalui rute yang harus dilewati.

Sama halnya dengan penyelenggaraan sebelumnya, kali ini peserta Semarang 10K juga akan dihibur sejumlah kesenian khas Jawa Tengah. Atraksi seperti Jathilan, Atraksi Drumblek, Ganongan, musik angklung telah disiapkan panitia di titik-titik tertentu yang disebut cheering points. Titik-titik tersebut antara lain depan Masjid Baiturrahman, depan Klenteng Grajen, depan Gets Hotel, depan SD Marsudirini, depan Galeri UMKM Kota Lama serta depan Gedung Pertamina.

Dalam Semarang 10K 2019, para pelari akan menempuh rute yang diawali dari Jalan Pemuda depan Balaikota- Bundaran Tugu Muda-Jalan Pandanaran-Simpang lima-Jalan Ahmad Yani – Jalan MT Haryono-Simpang Jalan RA Kartini – Bundaran Bubakan – Jalan Ronggowarsito-Jalan Pengapon – Jalan Merak-Jalan Taman Srigunting-Jalan Cendrawasih I – Jalan Cendrawasih – Jalan Letjend Suprapto-Jembatan Berok-dan Finish di Jalan Pemuda- Balaikota Semarang.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kota Semarang, Wing Wiyarso menuturkan, pada rute yang dilewati pelari Semarang 10K akan dilakukan penutupan jalan sementara. Bagi masyarakat yang mempunyai keperluan agar menghindari rute serta jalan yang akan ditutup selama gelaran event tersebut.

“Karena rute Semarang 10K akan melewati jalan-jalan protokol, sehingga demi keselamatan peserta Semarang 10K dan kelancaran lalu lintas, Pemerintah Kota Semarang menyiapkan rekayasa lalu lintas. Penutupan jalan akan dimulai dari jam 5 sampai 10.00 WIB”, ujar Wing Wiyarso.

Wing juga menyarankan masyarakat yang ingin beraktivitas agar menghindari ruas jalan tersebut demi kenyamanan. "Bagi pengendara kendaraan agar menghindari jalan-jalan yang dilalui demi kenyamanan berkendara," lanjutnya.

Adapun ruas jalan yang akan ditutup total pada event Semarang 10 K yaitu Jalan Pemuda mulai pukul 05.00 sampai 10.00 WIB. Sedangkan untuk jalan yang menjadi rute Semarang 10K antara lain Jalan Pandanaran, Jalan A Yani, Tugu Muda, Jembatan Berok, Jalan Ronggowarsito akan ditutup sementara mulai pukul 06.00 sampai 06.30 WIB.

Pada persimpangan yang dilalui Semarang 10K akan diberlakukan sistem buka tutup menyesuaikan kondisi lapangan saat aman bagi pelari yang melintas. Beberapa persimpangan yang dilalui rute Semarang 10K yaitu Simpang Pekunden/McD, Simpang Thamrin/KFC, Simpang A Yani -Pasar Tumpah, Simpamg Lima, Simpang A. Yani-HAKA Hotel, beberapa Simpang MT.Haryono dan area dekat gereja, Simpang MT.Haryono-Kartini, Simpang Pengapon, Jalan Merak, Simpang Pasar Johar, Simpang Ace Hardware, Simpang Paragon.

Bagi peserta Semarang 10K dan penonton, panitia menyiapkan beberapa titik kantong parkir bagi tamu, peserta serta masyarakat yang ingin menyaksikan. Untuk tamu undangan, parkir disediakan di parkiran belakang gedung Balaikota Semarang, peserta di parkiran Paragon Mall, DP Mall dan Gedung Pandanaran.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8767 seconds (0.1#10.140)