Wali Kota Salatiga Luncurkan Gerakan Indonesia Menabung

Kamis, 12 Desember 2019 - 15:15 WIB
Wali Kota Salatiga Luncurkan Gerakan Indonesia Menabung
Wali Kota Salatiga Yuliyanto menyerahkan buku tabungan kepada sejumlah pelajar saat launching gerakan Indonesia menabung tingkat Kota Salatiga di Pendapa Pemkot Salatiga, Kamis (12/12/2019). Foto/IST
A A A
SALATIGA - Wali Kota Salatiga Yuliyanto meluncurkan gerakan Indonesia menabung tingkat Kota Salatiga di Pendapa Pakuwon Pemkot Salatiga, Kamis (12/12/2019). Peluncuran program tersebut ditandai dengan pemberian buku tabungan kepada 12 siswa SMP/MTs berprestasi.

"Jawa Tengah terpilih sebagai pilot project Gerakan Indonesia Menabung karena dinilai mempunyai potensi yang besar. Dengan adanya gerakan ini, Hari Senin ditetapkan sebagai hari menabung di kalangan pelajar tingkat SMP se-Jawa Tengah," kata Yuliyanto.

Dia mengatakan, dalam gerakan menabung terdapat nilai edukasi dan nilai ekonomi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Salatiga. Gerakan menabung yang dilakukan sejak dini akan memberikan banyak pelajaran kepada anak-anak. Di antaranya mengajarkan untuk bertanggung jawab, belajar hidup hemat, belajar mengatur keuangan.

"Selain itu juga mengajarkan anak untuk disiplin dan yang tidak kalah penting adalah belajar untuk menghargai nilai uang yang mereka dapatkan dari orang tuanya," ujarnya.

Yuliyanto menjelaskan, kegiatan menabung yang dilakukan secara masif ini mempunyai manfaat yang besar, khususnya untuk pergerakan ekonomi makro di Kota Salatiga.

Karena itu, Yuliyanto mengajak semua pihak baik dari Dinas Pendidikan, sekolah, perbankan dan seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama berkomitmen menjalankan Gerakan Indonesia Menabung untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di Salatiga.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Salatiga, Rahadi Widya Prasetya menyebutkan, program tersebut didukung oleh setidaknya 20 lembaga keuangan/bank di Kota Salatiga.

"Program ini juga bertujuan mendorong budaya menabung pada anak sekaligus meningkatkan akses masyarakat di dunia perbankan, khususnya di Kota Salatiga," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9016 seconds (0.1#10.140)