alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puluhan Rescuer Digembleng Teknik Penyelamatan dari Ketinggian

Ahmad Antoni
Puluhan Rescuer Digembleng Teknik Penyelamatan dari Ketinggian
Potensi SAR mengikuti uji kompetensi di lingkungan gedung Siaga SAR Kantor SAR Semarang. Foto Dok Humas SAR Semarang

SEMARANG - Seorang penolong atau rescuer harus memiliki kemampuan yang memadai untuk melakukan aktivitas pencarian dan pertolongan atau search and rescue (SAR), bukan hanya sekedar bisa, tapi harus mampu melakukannya dengan keahlian yang teruji.

Untuk itu, dalam rangka mencetak Rescuer terlatih khususnya dari para Potensi SAR, Kantor SAR Semarang menggelar Uji Kompetensi (Ukom) bagi puluhan Potensi SAR yang ada di wilayah Jawa Tengah. Kegiatan digelar di lingkungan Gedung Siaga SAR Kantor SAR Semarang, Jalan Gondoriyo Barat, Ngaliyan, Semarang, Selasa-Kamis (10-12/12/2019).

"Uji kompetensi yang kami gelar ini adalah bidang HART atau high angle rescue tehnique yakni bagaimana melakukan penyelamatan di ketinggian dengan teknik yang baik dan benar" terang
Kepala Kantor SAR Semarang, Aris Sofingi, Kamis (12/12/2019).



"Peserta yang mengikuti Ukom ini merupakan perwakilan dari 30 organisasi Potensi SAR yang ada di Jawa Tengah. Diharapkan, nantinya mereka akan menularkan keterampilan HART yang sudah teruji ke rekan-rekan mereka. Sedangkan untuk penguji sendiri berasal dari Direktorat Bina Potensi Kantor Pusat Basarnas" ujarnya.

Ukom HART ini sendiri terdiri dari beberapa materi yang menjadi satu kesatuan penilaian yang diuji yaitu tes tertulis, simpul, ascending, anchoring, bellaying, serta Medical First Responder (MFR).

"Uji kompetensi terhadap potensi SAR ini akan kami selenggarakan secara bertahap sehingga nantinya diharapkan seluruh potensi SAR di wilayah Jawa Tengah ini bisa menjadi potensi SAR yang berkompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing" pungkasnya.



(nun)

loading...