Bangunan Roboh Disapu Puting Beliung, 1 Meninggal

Rabu, 11 Desember 2019 - 23:31 WIB
Bangunan Roboh Disapu Puting Beliung, 1 Meninggal
Bangunan yang roboh akibat disapu angin puting beliung dan menewaskan satu orang . Foto: dokumen BPBD Boyolali.
A A A
BOYOLALI - Bencana angin ribut menelan satu korban jiwa terjadi di Kabupaten Boyolali, Rabu (11/12/2019). Jumeri,68, Warga Dukuh/Desa Tegalrejo, Kecamatan Sawit, Boyolali meninggal dunia akibat tertimpa bangunan yang roboh diterjang angin puting beliung. Bangunan itu berada di Desa Tegalrejo yang tak jauh dari rumahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Bambang Sinung mengatakan, korban meninggal dunia kebetulan saat itu tengah berteduh karena hujan. Sebelumnya, korban usai mengambil beras dari pemerintah. Ketika perjalanan pulang, hujan turun dan korban berteduh. “Namun kemudian datang puting beliung dan korban tertimpa reruntuhan bangunan yang menjadi tempatnya berteduh,” ungkap Bambang Sinung saat dihubungi Sindonews Rabu (11/12/2019).

Bangunan itu merupakan gedung serbaguna. Saat kejadian, korban di dalam bangunan berukuran sekitar 12X30 metersegi tersebut. Bangunan itu selama ini dipakai untuk kegiatan olahraga badminton. Dari kesaksian warga, angin datang kencang berputar dan seperti mengangkat bangunan hingga hancur rata dengan tanah. Sementara, sepeda motor korban yang terparkir di teras juga rusak parah.

Besarnya angin juga mengakibatkan tower yang ada di dekat bangunan yang ambruk turut patah dan melengkung. Kejadian berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB. Selanjutnya, korban yang diberhasil diekuasi dari reruntuhan dibawa ke rumah sakit untuk divisum. Selain Kecamatan Sawit, angin ribut juga terjadi Kecamatan Teras, Kecamatan Mojosongo, dan Kecamatan Banyudono.

Sejumlah pohon di ketiga kecamatan dilaporkan banyak yang tumbang, namun tidak ada korban jiwa atau luka. Pohon yang tumbang rata rata melintang di jalan dan mengganggu arus lalulintas. Sehari sebelumnya, bencana angin ribut terjadi di Pengging, Kecamatan Banyudono. Sejumlah pohon di Pemandian Umbul Pengging tumbang akibat diterjang angin. “Pembersihan kami lakukan tadi hingga sekitar jam 13.00 WIB. Kemudian ada kejadian angin puting beliung lagi,” imbuhnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.5014 seconds (0.1#10.140)