alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Luar Biasa, Rudal Kalibr Rusia Hantam Target 250 Km dalam 2 Menit

Berlianto
Luar Biasa, Rudal Kalibr Rusia Hantam Target 250 Km dalam 2 Menit
Rusia merilis video rudal Kalibr menghancurkan sasaran berjarak lebih dari 250 km dalam waktu 2 menit. Foto/Ilustrasi

MOSKOW - Baru baru ini Rusia merilis video yang memperlihatkan rudal jelajah Kalibr menghantam sasaran berjarak lebih dari 250 km dalam waktu kurang dari lima menit. Rudal tersebut ditembakkan dari sebuah kapal fregat selama latihan di Laut Hitam.

Kapal fregat Rusia, Laksamana Essen, berhasil menghancurkan sasaran berjarak lebih dari 250 km menggunakan rudal jelajah Kalibr. Laksamana Essen adalah salah satu kapal fregat canggih milik Angkatan Laut Rusia yang ikut serta dalam latihan di Laut Hitam.

"Proyektil tersebut hanya butuh waktu 137 detik untuk melakukan perjalanan lebih dari 250 km ke target yang dimaksudkan dan melenyapkannya," bunyi laporan stasiun televisi Zvezda TV yang merilis video uji coba penembakan itu, dikutip dari Russia Today, Rabu (11/12/2019).



Untuk diketahui jenis rudal Kalibr dapat digunakan oleh berbagai platform Angkatan Laut Rusia. Rudal ini memulai debutnya dalam pertempuran sebenarnya selama kampanye kontra terorisme Rusia di Suriah.

Misil Kalibr memiliki jangkauan sekitar 1.200 mil. Rudal jelajah jenis ini pernah jadi berita utama media internasional beberapa tahun lalu ketika ditembakkan dari kapal selam Moskow di Laut Mediterania dan menghantam basis-basis kelompok Islamic State atau ISIS di Suriah.

Misil Kalibr Rusia dikenal sebagai pesaing dari rudal jelajah Tomahawk Amerika Serikat (AS). Misil Tomahawk juga pernah ditembakkan Washington dan sekutunya saat menginvasi secara singkat terhadap rezim pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad atas tuduhan bahwa rezim Suriah menggunakan senjata kimia untuk memerangi rakyatnya sendiri.

Kapal Laksamana Essen, yang ditugaskan pada tahun 2016, menembakkan misilnya ke sasaran di Suriah setidaknya tiga kali pada tahun 2017. Kapal ini adalah kapal frigat kedua kelas Admiral Grigorovich yang relatif baru yang dilengkapi dengan peluru kendali.



(nun)

loading...