alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hujan dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Rusak Puluhan Rumah

Priyo Setyawan
Hujan dan Angin Kencang Tumbangkan Pohon dan Rusak Puluhan Rumah
Pohon tumbang melintang di Pangukan, Sleman, Rabu (11/12/2019). Foto dok BPBD Sleman

SLEMAN - Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Sleman, Rabu (11/12/2019) siang-sore menyebabkan beberapa pohon tumbang dan merusak atap bangunan. Pohon tumbang itu melintang di jalan, menimpa rumah dan warung.

Data Badan Penanggulana Bencana Daerah (BPBD) Sleman menyebut angin kencang terjadi di 36 titik yang tersebar di 12 kecamatan. Yakni Kecamatan Ngaglik 10 titik, Kecamatan Mlati sembilan titik, Kecamatan Sleman, Ngemplak dan Gamping tiga titik, Kecamatan Depok dan Kalasan dua titik serta Kecamatan Tempel, Minggir, Pakem dan Cangkringan satu titik.

β€œItu data yang masuk sampai pukul 18.00 WIB,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman, Makwan, Rabu (11/12/2019) sore.



Makwan menjelaskan selain melintang di jalan, pohon yang tumbang itu juga menimpa rumah dan bangunan serta jaringan listrik dan telepon.Pohon tumbang yang melintang di jalan terjadi di 10 titik. Empat titik di wilayah kecamatan Ngaglik, dua titik di wilayah Kecamatan Sleman serta masing-masing satu titik di wilayah Kecamatan Ngemplak, Tempel, Mlati, Depok, Pakem, Cangkringan dan Kalasan.

Pohon tumbang yang menimpa rumah terjadi di 10 titik. Yaitu lima titik di wilayah Kecamatan Ngaglik, dua titik di wilayah Kecamatan Mlati serta satu titik di Kecamatan Seyegan, Gamping dan Kalasan. Pohon tumbang juga menimpa dan merusak fasilitas umum, jaringan listrik dan telepon di delapan titik. Yakni di wilayah Kecamatan Ngaglik dan Mlati tiga titik serta satu titik di wilayah Kecamatan Gamping dan Minggir serta tempat parkir SDN Cebongan, Mlati dan RSUP Dr Sardjito.

β€œAngin kencang juga menyebabkan asbes gedung unit pengolaam pakan unggas guyub rukun di Brengosan, Sumberadi, Mlati, bengkel las di wilayah Kecamatan Mlati, Sleman dan Ngempak serta atap rumah warga Blotan Ngemplak dan warung di Pangukan berterbangan,” paparnya.

Makwan menjelaskan untuk mengkondisikan keadaan, petugas tim reaksi cepat (TRC) BPBD Sleman bersama relawan dan warga setempat langsung melakukan assesment dan pembersihan pohon baik yang melintang di jalan, menimpa rumah dan bangunan serta jaringan listrik.



(nun)

loading...