alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

PLN Ajak Siswa SMAN 1 Surakarta Membatik Memakai Canting Listrik

Ary Wahyu Wibowo
PLN Ajak Siswa SMAN 1 Surakarta Membatik Memakai Canting Listrik
Siswa SMAN 1 Surakarta saat menjajal canting listrik yang diperkenalkan PLN dalam rangka pola hidup electrifying lifestyle, Selasa (10/12/2019). Foto: istimewa

SOLO - PLN memperkenalkan pola hidup electrifying lifestyle kepada siswa SMA Negeri 1 Surakarta atau Solo melalui aktivitas membatik menggunakan canting listrik. Para siswa antusias mencoba karena peralatan itu belum banyak dikenal masyarakat.

Membatik menggunakan canting listrik juga sejalan dalam upaya mempertahankan tradisi budaya nenek moyang yang adiluhung. Sehingga di era modern seperti ini, warisan leluhur tetap dapat terus dipertahankan.

Electrifying lifestyle adalah gaya hidup baru dengan menggunakan peralatan serba elektrik yang bebas emisi dan ramah lingkungan,” kata Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surakarta, Ari Prasetyo Nugroho, Selasa (10/12/2019).



Regina Vanesa,16, Siswi kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Surakarta mengaku sangat antusias menjajal canting listrik karena mendapatkan pengalaman baru. “Membatik menggunakan canting listrik lebih simpel ketimbang canting konvensional, selain itu juga lebih efisien karena tidak perlu menggunakan kompor dan wajan untuk memanaskan lilin batik,” ungkap Regina.

PLN memberikan bantuan canting listrik untuk menunjang kegiatan siswa. PLN juga mengadakan demo masak dengan kompor induksi dan test drive motor listrik.

Tingginya animo para siswa terhadap electrifying lifestyle terlihat dari banyaknya yang menjajal motor listrik dan mencoba memasak dengan kompor induksi. PLN juga turut membantu merenovasi kantin sekolah, serta memberikan empat kompor induksi untuk keperluan operasional.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN UP3 Surakarta yang telah memberikan support dalam acara Ulang Tahun SMA Negeri 1 Surakarta,” ungkap Kepala SMA Negeri 1 Surakarta, Harminingsih.



(nun)

loading...