alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Puluhan Perumahan Belum Diserahkan, Pemkot Salatiga Tak Bisa Bangun Fasum

Angga Rosa
Puluhan Perumahan Belum Diserahkan, Pemkot Salatiga Tak Bisa Bangun Fasum
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Salatiga Enny Endang Surtiani. Foto/SINDOnews/Angga Rosa

SALATIGA - Sejumlah pengembang (developer) belum menyerahkan perumahan yang telah dibangun kepada Pemkot Salatiga. Padahal perumahan tersebut telah lama dihuni oleh warga. Akibatnya, Pemkot Salatiga tidak bisa memfasilitasi perbaikan maupun membangun fasilitas umum (fasum).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Salatiga Enny Endang Surtiani menjelaskan, jumlah perumahan di Salatiga yang belum diserahkan ke Pemkot Salatiga mencapai puluhan lokasi. Ini membuat pemerintah daerah kesulitan membantu warga dalam memperbaiki fasilitas umum dan prasarana sarana utilitas (PSU).

"Berdasarkan pantauan di lapangan, ada beberapa perumahan yang prasarana sarana utilitas dan fasiltas umumnya sudah rusak. Namun kami tidak bisa berbuat banyak lantaran perumahan tersebut belum diserahkan ke Pemkot Salatiga. Karena itu, kami minta pengembang dan warga segera menyerahkan aset perumah ke Pemkot Salatiga agar kami bisa membantu memperbaiki prasarana sarana utilitas yang sudah rusak," katanya, Selasa (10/12/2019).



Menurut dia, DPKP sudah melakukan sosialiasi kepada pengembang agar menyerahkan perumahan yang dibangun kepada Pemkot Salatiga sehingga bisa terawasi dengan baik dan fasilitas prasarana sarana utilitas bagi penghuni bisa ditingkatkan melalui program pemerintah daerah. "Kalau sudah diserahkan kami bisa mengalokasikan anggaran ke perumahan itu untuk peningkatan sarana prasarana utilitas dan fasilitas umum lainnya," ujarnya.

Dia menjelaskan, jumlah prasarana sarana utilitas perumahan di Salatiga yang sudah diserahkan kepada Pemkot Salatiga pada 2017-2018 lalu sebanyak 16 perumahan. Kemudian pada 2019 ini ada 6 perumahan yang diserahkan kepada Pemkot Salatiga.

"Sepanjang 2017 hingga 2019 ada 45 pengembangan yang mengajukan penyerahan perumahan kepada kami. Saat ini, kami sedang melakukan pendataan melalui konsultan. Ini dilakukan untuk penataaan kawasan khususnya di perumahan," katanya.



(amm)

loading...