alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jadi Tujuan Pariwisata, Kota Lama Perlu Deskripsi Tulis dan Visual

Ahmad Antoni
Jadi Tujuan Pariwisata, Kota Lama Perlu Deskripsi Tulis dan Visual
Para narasumber dalam diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM Semarang bertema Wisata Sejarah Kota Semarang, di Hotel Plaza Semarang, Senin (9/12/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI

SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang harus segera berbenah dalam menjadikan Kota Semarang sebagai tujuan pariwisata bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Apalagi Kota Semarang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi pariwisata nasional dan provinsi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Kepala Bidang Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kota Semarang, Samsul Bahri Siregar mengatakan, Pemkot telah menetapkan Perda No 5/2015 tentang Rencana Induk Kepariwisataan Kota Semarang.

"Dari perda itu sudah dimunculkan sejumlah item yang salah satunya Kota Lama. Untuk mendukung Kota Lama sebagai tujuan wisata, di sekitarnya terdapat Kampung Kauman, Kampung Layur, Kampung Batik," kata Samsul dalam Diskusi Prime Topic MNC Trijaya FM Semarang bertema Wisata Sejarah Kota Semarang, di Hotel Plaza Semarang, Senin (9/12/2019).



"Kota Lama jadi tujuan pariwisata itu karena hotelnya banyak, kulinernya banyak, dan lain sebagainya. Selain itu Kota Lama sudah 90% bagus. Ditambah penerapan Car Free Night," ujarnya.

Sementara, Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes), Prof Wasino menerangkan, Kota Semarang saat ini telah berubah dalam pengelolaan cagar budaya. Baik Kota Lama maupun cagar budaya lain.

"Jadi kalau bicara soal Kota Lama, sebelumnya sudah ada kota. Contohnya, Kanjengan. Kota ini kota kabupaten yang sangat muslim dan multikultural sebelum datangnya VOC. Nah ketika VOC, Kanjengan tetap berdampingan dengan Kota Lama sebagai kotanya VOC saat itu," jelas Wasino.

Namun, katanya, dalam pengelolaan pariwisata Kota Semarang yang berkaitan dengan peninggalan fisik atau bangunannya, yang belum dilakukan adalah pembuatan diskripsi terhadap Kota Lama. Deskripsi terkait di balik bangunan di Kota Lama diharapkan bisa diketahui oleh orang, sehingga semua itu bisa dilakukan dengan diskripsi tulis, tetapi juga bisa divisualisasikan. Karena jika menggunakan YouTube akan bisa diketahui orang banyak.

Selain kawasan Kota Lama, diharapkan akan muncul gagasan Kota Baru mulai dari Jalan Pemuda di Gedung Papak, permukiman Baru di Candi Baru yang dikelilingi gedung-gedung tua.



(amm)

loading...