alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Hujan Disertai Angin Kencang Rusakkan 49 Rumah Warga DIY

Suharjono
Hujan Disertai Angin Kencang Rusakkan 49 Rumah Warga DIY
Warga membersihkan pohon tumbang melintang di jalan wilayah Tempel, Sleman setelah diterjang hujan angin dan angin kencang, Minggu (8/12/2019). Foto/Dok. BPBD Sleman

YOGYAKARTA - Hujan disertai angin kencang yang melanda wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Minggu (8/12/2019) siang hingga malam menyebabkan puluhan rumah warga rusak. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY mencatat total sebanyak 49 rumah rusak.

Kepala BPBD DIY Biwara Yuswantara mengatakan, hujan dan angin kencang melanda hampir semua wilayah di DIY. Namun titik kerusakan yang paling banyak berada di Kabupaten Sleman. "Memang untuk Sleman kerusakan paling banyak yaitu 32 rumah," katanya kepada SINDOnews, Senin (9/12/2019).

Dijelaskan, BPBD DIY telah berkoordinasi dengan BPBD kabupaten/kota untuk melakukan penanganan pascabencana serta menurunkan tim reaksi cepat. "Sampai saat ini mulai terkendali. Beberapa akses jalan yang terputus akibat angin kencang sudah bisa diatasi," katanya. (Baca juga: Hujan Angin, Belasan Pohon di Sleman Tumbang Timpa Rumah)



Berdasarkan data BPBD DIY, hujan angin terjadi di 57 titik yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Sleman. Sebanyak 61 pohon tumbang, 32 rumah rusak, 8 titik akses jalan sempat tertutup, 7 titik jaringan listrik rusak, dan 3 tempat usaha rusak. "Laporan ada dua korban luka-luka," kata Biwara.

Adapun di Kabupaten Bantul, hujan angin terjadi di 43 titik yang meliputi 4 kecamatan. Akibatnya 41 pohon tumbang, 17 titik akses jalan sempat tertutup, 10 titik jaringan listrik rusak, dan 12 rumah rusak.

Kemudian di Kota Yogyakarta, hujan angin terjadi di 19 titik di 8 kecamatan. Kejadian ini mengakibatkan tiga rumah warga rusak, 14 pohon tumbang, 2 titik akses jalan tertutup, 1 titik aliran irigasi tersumbat, 2 titik jaringan listrik rusak, 1 titik jaringan telepon rusak, empat unit sepeda motor rusak, dan satu unit mobil rusak akibat tertimpa pohon tumbang.

Di Gunungkidul angin kencang terjadi di tiga titik di dua kecamatan, menyebabkan satu rumah rusak serta 3 pohon tumbang. Sedangkan di Kulonprogo terjadi di dua titik dan menyebabkan satu rumah rusak serta satu titik jaringan listrik terputus.



(amm)

loading...