Pemerintah Akan Manfaatkan Uang Konglomerat untuk Bangun Infrastruktur

Rabu, 30 Januari 2019 - 15:30 WIB
Pemerintah Akan Manfaatkan Uang Konglomerat untuk Bangun Infrastruktur
Menteri Keuangan (Menkeu) mengaku telah menyiapkan skema pendanaan pembangunan dengan memanfaatkan uang milik konglomerat. FOTO/SINDOnews/RINA ANGGRAENI
A A A
JAKARTA - Pemerintah menegaskan komitmen terus meningkatkan pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) mengaku telah menyiapkan skema pendanaan pembangunan dengan memanfaatkan uang milik para konglomerat.

"Kita juga akan ada PPG (Public Private Grant), ini dengan orang kaya, filantropi yang punya yayasan," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (30/1/2019).

Skema ini, jelas dia, akan memperkaya skema pendanaan pembangunan yang melibatkan swasta yang telah ada sebelumnya seperti kerja sama pemerintah-badan usaha (KPBU). Dalam hal ini, pemerintah menyasar dana para dermawan untuk membangun infrastruktur.

"KPBU bukan konsep baru dan ini sudah mencapai pemahaman yang matang. Ini bukan alasan kita untuk menyerah, dimana pendapatan kuat masih dibutuhkan Indonesia untuk mengatasi berbagai masalah infrastruktur yang masih dihadapi," katanya.

Namun, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tak menjelaskan lebih lanjut mengenai skema pemanfaatan dana orang kaya bagi pembangunan tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa dalam hal ini para filantropis didorong untuk mengalokasikan uangnya dan melibatkan sektor swasta.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8788 seconds (0.1#10.140)