Hajar Andy Ruiz Jr hingga Berdarah, Anthony Joshua Raja Kelas Berat

Minggu, 08 Desember 2019 - 14:15 WIB
Hajar Andy Ruiz Jr hingga Berdarah, Anthony Joshua Raja Kelas Berat
Anthony Joshua memukul wajah Andy Ruiz Jr dalam duel ulang di Diriyah Arena, Arab Saudi, Minggu (8/12/2019). FOTO/SKY SPORT
A A A
RIYADH - Diriyah Arena, Arab Saudi menjadi saksi keperkasaan Anthony Joshua dalam duel ulang atas rivalnya Andy Ruiz Jr. Petinju asal Inggris tersebut membalas kekalahan dari Ruiz Jr pada pertarungan di New York 1 Juni lalu. Anthony Joshua waktu itu kalah TKO di ronde ke-7 setelah dihempaskan empat kali ke kanvas.

Dalam duel ulang berdarah di Diriyah Arena, yang disaksikan 15.000 penonton, Anthoni Joshua yang naik ring dengan bobot 107,5 kg tampil lebih lincah dari Ruiz Jr yang berbobot 218,5 kg. Tiga hakim juri memberikan kemenangan untuk Anthony. Dua hakim juri memberikan angka 118-110, dan satu hakim juri memberi angka 119-109. .

Dalam duel tersebut, Anthony Joshua dibuat kerepotan oleh Ruiz Jr di ronde kedelapan yang sempatnya limbung setelah mendapat pukulan telak. Beruntung, Joshua mampu melewati ronde kedelapan hingga mengakhiri pertarungan 12 ronde.

Area mata kiri Ruiz mengeluarkan darah segar yang membuat penglihatannya terganggu tapi masih bisa melanjutkan pertarungan. Hingga bel ronde 12 berdentang, kedua petinju tetap tegak berdiri. Setelah dinyatakan menang, Joshua sempat memeluk Ruiz Jr sebagai rasa simpatinya.

Pertarungan dari ronde ke ronde:

Ronde Pertama
Anthony Joshua yang naik ring dengan bobot teringan 107,5kg bertarung lebih lincah yang merepotkan Ruiz Jr yang berbobot 128,5kg. Sebuah pukulan lurus kanan Joshua melukai mata kiri Ruiz Jr hingga mengeluarkan darah.

Ronde Kedua
Dengan mata berdarah, Ruiz Jr tetap agresif meladeni Joshua yang mengandalkan pukulan tangan kanannya yang menyengat. Ruiz mengejar ke mana pun Joshua bergerak dengan mencoba mencari kesempatan melepaskan pukulan mautnya.

Ronde Ketiga
Ruiz kesulitan untuk menjangkau Joshua yang terus bergerak lincah sambil sesekali melepaskan jab dan straight kanan.

Ronde Keempat
Ruiz pantang menyerah mengejar ketinggalan angka dengan merangsek Joshua. Sebuah hook kiri Ruiz mampu menghantam wajah Joshua. Apakah itu menyakitkan AJ?

Ronde Kelima
Kedua petinju saling tetap berusaha berduel jarak dekat tapi belum ada pukulan yang mengena. Jab Joshua beberapa kali dilepaskan untuk memancing Ruiz membuka pertahanannya. Pukulan lurusnya mengena tapi tidak telak.

Ronde Keenam
Ruiz makin agresif menyerang dengan hook kiri yang mengena ke wajah Joshua. Namun, Joshua cepat merespons dengan jab kirinya yang juga mengena wajah Ruiz.

Ronde Ketujuh
Ruiz masih terus mengejar Joshua untuk mencari peluang melepaskan pukulan kerasnya. Tapi pukulan Tangan Tuhan yang pernah membuat Joshua terjatuh di duel pertama tidak ada lagi.

Ronde Kedelapan
Ruiz makin beringas dengan mengumbar pukulan kanan yang mengena wajah Joshua saat terjadi rangkulan.

Ronde Kesembilan
Pukulan Ruiz menghajar tubuh Joshua yang dibarengi pukulan satu dua yang mengarah ke wajah. Ruiz merebut ronde kesembilan tapi Joshua masih leading.

Ronde Ke-10
Jab pancingan yang dilepaskan Joshua menghasilkanangka yang membuatnya makin unggul jauh di ronde krusial.

Ronde Ke-11
Keunggulan postur mampu dimaksimalkan Joshua untuk bergerak lincah dalam melepaskan pukulan ke Ruiz yang bertubuh lebih pendek. Ruiz yang terdesak semakin kebingungan harus ,menerapkan strategi apa menjelang ronde terakhir.

Ronde Ke-12
Tiga menit terakhir menjadi momen bagi Joshua untuk menekan Ruiz yang sepertinya sudah kehilangan cara untuk mengejar poin. Joshua lebih banyak melepaskan jab-jab pendek sambil membuang waktu menunggu bel berbunyi menuju kemenangannya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 7.4973 seconds (0.1#10.140)